Saat liburanpun bisa kita jadikan ajang untuk belajar dan mengenang sejarah, salah satunya adalah dengan pergi ke museum. Jika sedang berada  Jogja, tak ada salahnya berkunjung ke Museum Soeharto Jogja. Museum ini didirikan untuk mengenang presiden ke-2 Indonesia, HM Soeharto. Museum ini didirikan di Desa Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta yang merupakan tempat kelahiran Jenderal Besar HM Soeharto. Museum ini menjadi salah satu target wisata jika berlibur ke daerah Bantul, Yogyakarta. 

Di Museum ini juga sering diadakan berbagai kegiatan saat memorial HM Soeharto.   Museum yang terletak di Bantul ini dibangun diatas lahan seluas 3.620 meter persegi.Museum ini dibangun untuk mengenang jasa dan pengabdian beliau semasa hidupnya dan juga untuk mencatat berbagai prestasi HM Soeharto semasa menjabat sebagai presiden RI ke-2 dalam waktu yang cukup lama, yaitu 32 tahun. 

Dilihat dari luar, area museum ini cukup luas, sederhana, asri dan juga nuansa bangunannya terlihat bagus karena dikelilingi oleh tembok yang cukup tinggi. Secara umum, museum Soeharto ini terdiri atas beberapa bangunan utama seperti pendopo, ruang diorama dan masjid kecil yang terletak disebelah selatan ruang diorama.  

Memasuki museum ini kita akan disambut dengan patung besar Jenderal Besar HM. Soeharto karya seniman Edhi Sunarso bersebelahan dengan batu besar sebagai prasasti peresmian museum.  Setelah itu kita masuk dalam pendopo yang memajang multimedia perjuangan beliau serta buku elektronik yang bersebelahan dengan patuh setengah badan Soeharto. 

Kesan pertama melihat bangunan joglo museum ini terlihat tradisional ternyata setelah masuk kedalam kesan tradisional tersebut perlahan hilang. Museum memorial ini cukup modern kaarena sebagian besar sudah menggunakan peralatan elektronik. Pintu masuk museum sudah menggunakan sensor otomatis, gambar-gambar yang ditampilkan sebagian besar menggunakan projecktor, menggunakan buku-buku elektronik melalui media komputer touchscreen. 

Untuk melihat koleksi lengkap dari museum ini, pengunjung dapat memasuki ruang diorama yang dikemas dengan perpaduan tradisional dan modern terlihat yang merupakan dokumentasi Soeharto beserta sejarah masa pemerintahan Soeharto semasa menjabat sebagai presiden RI ke-2.






Dibagian belakang, kita akan menemukan sebuah petilasan dan sumur tempat pak Harto lahir, tinggal dan juga mandi saat kecil. Disamping petilasan ini juga terdapat rumah joglo yang sederhana namun juga modern karena terdapat AC didalamnya dan adanya ukiran dari akar pohon. Disana juga terdapat watu blorok yang dikatakan sebagai tempat penyampaian pesan atau isyarat. 




Museum ini memiliki lapangan parkir yang luas dengan kapasitas sekitar 10 bus besar. Di pintu masuk parkiran tampak kios-kios yang menjual aneka cenderamata bergambar Pak Harto terutama yang bertuliskan jargon-jargon "Piye kabare le, isih penak jamanku tho?"


Secara keseluruhan, museum Soeharto Jogja ini merupakan obyek wisata yang tepat untuk mengenang sejarah. Apalagi, museum ini memang tidak sekedar museum namun berisi perjalanan hidup HM Soeharto dan desainnya juga cukup menyenangkan dan memiliki nilai seni yang tinggi.





Museum Soeharto 
Jl. Nulis - Puluhan, 
Dusun Kemusuk, Ds. Argomulyo, 
Kec. Sedayu, Argomulyo, Sedayu, Bantul, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55752

Jam Operasional
Buka setiap hari mulai pukul : 08.00 – 16.00 WIB

Tiket
GRATIS

0 komentar :

Post a comment

 
Top