Gua Cerme adalah gua peninggalan sejarah yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta. Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. 

Jalur aspal untuk menuju objek wisata ini tampaknya masih belum sempurna, karena dibeberapa titik aspal mengalami kerusakan dan lebar jalan yang cukup sempit dan curam. Tanjakan yang harus dilalui cukup tinggi. Tercatat ada 2 titik tanjakan yang sangat curam, yaitu pada saat mengambil belokan kanan jalan dari jalan Imogiri dan saat sudah mau mencapai objek wisata Goa Cerme. Tanjakan yang dilalui sangat tinggi dengan tingkat derajad kemiringan yang lebih tinggi daripada Gunung Kidul. 

Goa Cerme terletak di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Gua ini dulunya, menjadi tempat pertemuan Walisongo yang membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Demak. 

Untuk menuju ke gua ini, akses jalan memang cukup menantang. Jalan yang naik turun, berkelok, berukuran kecil, dan situasi pegunungan yang masih asri menjadi sensasi tersendiri.

Goa Cerme yang panjang tersebut menjadikan goa memiliki banyak ruangan yang sering digunakan untuk bertapa. Ruangan tersebut yaitu bernama panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung. Karena banyaknya ruangan di dalam goa, disediakan jasa pemandu untuk menyusuri goa sehingga pengunjung tidak akan tersesat. Selain itu, di sekitar Goa Cerme terdapat goa-goa kecil lainnya yang cukup menarik untuk dilihat. Goa tersebut diantaranya yaitu Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut, Goa Kaum yang biasa digunakan orang-orang untuk bertapa atau bersemedi.
Di dalam goa keadaan cukup berbahaya, tetapi tidak ditemukan hewan-hewan yang membahayakan. Keadaan yang dimaksud adalah pijakan tanah yang tidak dapat dilihat, karena goa yang tertutupi air sepinggang orang dewasa. Hati-hati dalam berpijak merupakan salah satu prioritas keamanan untuk mencapai daratan karena kondisi pijakan yang berbatu-batu dan bahkan berlubang. Bahkan pada beberapa titik kita harus berjalan merangkak karena lubang penelusuran yang semakin menyempit. Sebaiknya kita ditemani oleh pemandu yang senantiasa akan menolong dan memberikan pengarahan selama penyusuran untuk terjaganya keselamatan kita sampai ke tujuan.

Goa Cerme tidak hanya menawarkan keindahan alam stalagtit dan stalagmit dan adanya sungai bawah tanah. Tetapi, gua yang memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga ke Kabupaten Gunungkidul ini, juga menawarkan kekuatan mistis. Karena gua ini, sampai sekarang juga masih digunakan untuk ritual bertapa.

Jika tertarrik untuk mengunjungi Goa Ceme ini, Persiapkan dengan baik kesehatan kita dan jika masih ingin berlamalama menikmati keindahan Goa serta asrinya pemandangan sekitar,



Gua Cerme
Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Selopamioro, Imogiri, Bantul, DKI Jakarta 55782

Jam Operasional
Buka setiap hari pukul : 07.00 – 18.00 WIB

Tiket : 
Rp.3000/orang
sewa pemandu : Rp.50.000
Sewa Senter : Rp.5000

0 komentar :

Post a comment

 
Top