Sebenarnya untuk mengedit code html di theme atau template wordpress sangatlah mudah. Kita tinggal masuk ke menu editor pada appearance WP admin kita. Terus tinggal pilih bagian yang mau kita edit. Dan klik tombol “update file“. Selesai! Kita tinggal cek hasil editannya.

Cuma masalahnya, terkadang tombol “update file” itu tidak ada. Artinya template yang kita pake tidak writable untuk diedit. Kita tidak bisa mengubah apapun pada templatenya. Ini yang jadi masalah. Karena tidak semua template menginzinkan penggunanya untuk mengedit. Apalagi jika wordpress kita gratisan. Dijamin kita tidak bisa mengeditnya.

Gimana caranya biar bisa diedit?
Untuk wordpress yang berbayar atau self hosting kita diperbolehkan untuk mengedit. Yang harus kita lakukan adalah bagaimana biar template yang kita pake itu jadi writable. Lalu giman caranya? Ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan FTP program. Dengan memakai FileZilla, software untuk mengupload file-file ke server hosting. Silahkan download dulu filezilla terbaru di sini. kemudian ikuti langkah berikut!

1. Jalankan FileZilla dan login ke server hosting. Isi host, username dan password sesuai yang diberikan oleh penyedia hosting. Untuk port biasanya diisi dengan “21″

2. Setelah itu masuk ke wp-content/theme dan cari template yang sedang kita gunakan.

3. Blok file-file yang akan kita ubah menjadi writable. Kemudian klik kanan. Dan masuk ke “file permission”. Contohnya lihat pada gambar.

4. Ubah numeric value menjadi “666″. nanti dengan sendirinya akan option ‘write’ akan tercentang. Klik “OK”

Beres. Tinggal dicek di menu editor pada WP admin kita. Disitu akan terlihat tombol “update file”. Artinya kita sudah bisa mengubah-ubah template sesuai keinginan.

Oke, selamat mencoba!

0 komentar :

Post a comment

 
Top