Blogger merupakan platform blogging yang mudah digunakan untuk memulai blog pertama kita. Fitur yang ramah pengguna berikut kemudahan menambahkan konten membuat Blogger berhasil mejaring banyak pelanggan. Akan tetapi, bagi sebagian pengguna, fitur yang ditawarkan Blogger saja tidak cukup. Banyak dari mereka yang kemudian melakukan migrasi Blogger ke WordPress.

Mengapa WordPress?

Alasannya sebenarnya sederhana. WordPress.org menawarkan keleluasaan yang lebih dibandingkan Blogger, baik dari sisi tampilan, kelengkapan fitur, bahkan SEO. Selengkapnya, berikut adalah beberapa poin keunggulan utama WordPress dibandingkan Blogger.
- Display
Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas. WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website Anda semakin menarik.
- Kontrol Website
Apabila Anda menggunakan website WordPress Hosting, Anda dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. Anda dapat menetapkan apapun yang Anda inginkan.
- Pengelolaan Mudah
Pada dasarnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.
- Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
Jika Anda menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misalkan Anda ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah Anda lakukan.
- Akses Website Lebih Cepat
Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

Export Data Blogger

Sebelum Anda migrasi  blogger ke WordPress baru. Ambil seluruh data Blogger Anda dan backup ke kompter dengan formal XML.

Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.
Pada menu Impor & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.


Setelahnya akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. Klik Simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data Anda akan terunduh pada komputer/laptop dengan format XML.

Import Blogger ke WordPress

Setelah download data Blogger berhasil, silakan beralih ke WordPress. Pastikan komputer kita telah terinstal WordPress.

Masuklah ke admin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih Blogger.


Pilih Install Now di dashboard WordPress Anda. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website WordPress.


Aktifkan plugin dengan klik tautan Activate Plugin & Run Importer di bawah ini sebelum Anda mulai memindahkan data WordPress.


Jika aktivasi plugin telah Anda lakukan, selanjutnya unggah file XML yang sudah Anda unduh di komputer.
Catatan: Jika ukuran file XML yang akan diunggah lebih besar dari batas yang ditetapkan, maka Anda perlu meningkatkan kapasitas upload WordPress terlebih dahulu. Pada contoh ini batas maksimal ukuran file adalah 8 MB.



Selesai! Kini Blogger Anda telah berpindah ke WordPress. 
Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š

0 komentar :

Post a Comment

 
Top