Musim hujan, perlu melakukan antisipasi agar aktivitas harian tetap berlangsung menyenangkan. Mengingat, banyak hal yang perlu diwaspadai di tengah perubahan cuaca yang datang, mulai dari banjir hingga ancaman penyakit. Namun, hal ini tentunya tidaklah menjadi hambatan bagi para travellers atau pun Anda yang sudah merencanakan perjalanan liburan.


Tidak perlu pusing dengan musim hujan! Anda tak perlu membatalkan rencana perjalanan yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari karena cuaca yang tidak bersahabat. Anda masih bisa menikmati perjalanan saat hujan melanda.

Berikut adalah beberapa tips, yang akan membantu Anda dalam mempersiapkan rencana liburan saat musim hujan.

1. Jaga Kondisi Tubuh
Kondisi fisik adalah hal utama yang harus dipersiapkan. Ketika melakukan perjalanan pada musim hujan maupun musim panas dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, tentunya perjalanan kalian akan terasa biasa-biasa saja dan kurang berkesan, bahkan gagal. Untuk mempersiapkan fisik pada saat liburan, Anda dapat melakukannya jauh-jauh hari. Jaga pola makan dan berolahraga kecil-kecilan seperti jalan kaki atau naik turun tangga bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik Anda.

Untuk mengatasinya, mengkonsumsi vitamin sebelum melakukan traveling bisa jadi pilihan yang baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.

2. Tentukan Destinasi
Pastikan tempat wisata yang hendak kalian kunjungi tempat yang aman disaat musim hujan, karena travelling disaat musim hujan sangat berbeda dengan musim kemarau. disaat musim hujan, kita memang dituntut untuk lebih selektif memilih destinasi wisata yang akan kita kunjungi. 

Cek rute daerah mana saja yang terkena hujan dan daerah rawan banjir. Sehingga, bisa mengantisipasi dengan melalui rute alternatif untuk sampai ke tempat tujuan. Jangan sampai hal tersebut membuat liburan kalian jadi berantakan

2. Pilih Tempat Wisata Alternatif
Jika Anda sudah berencana untuk berwisata outdoor (misalnya di pantai atau pun gunung), mungkin dimusim hujan ini Anda harus mengubah tujuan destinasi wisata ke tempat yang memiliki cuaca cerah atau tempat tertutup.

Anda bisa berwisata ke museum, menikmati pertunjukan seni seperti pertunjukan tari atau pertunjukan alat musik tradisional sekaligus mempelajari sejarah kebudayaan dan warisan negara, mengikuti kelas yoga atau hanya sekedar nongkrong di Kafe saat hujan turun.

3. Berburu Kuliner Hangat

Wisata kuliner bisa dilakukan kapan saja termasuk saat musim hujan. Cobalah kunjungi restoran-restoran yang biasanya dipenuhi oleh pengunjung atau restoran favorit Anda, disaat musim hujan ada kemungkinan tempat makan ini lebih sepi pengunjung.

Ada juga menu-menu kuliner yang enak disantap dimusim hujan seperti wedang ronde, bajigur, sekoteng, bandrek, dan juga bakso mau pun soto.

4. Perhatikan Waktu yang Tepat
Biasanya hujan tak turun seharian. Perhatikan apakah di tempat wisata tersebut cenderung hujan di pagi hari atau sore hari. Dengan ini, Anda bisa menyusun kembali perjalanan wisata dengan mudah.

5. Perlengkapan yang Memadai
Musim hujan identik dengan udara yang dingin. Untuk mengantisipasi hujan turun saat perjalanan liburan, Anda harus mempersiapkan diri dengan membawa perlengkapan yang memadai, seperti payung, jas hujan, sepatu bot, sendal jepit, dan perlu menyiapkan pakaian hangat seperti mantel sehingga tidak kedinginan saat di tempat liburan. Jangan lupa untuk membawa jas hujan atau payung untuk melindungi tubuh Anda dari guyuran hujan ketika sedang berada di luar ruangan.

Selain membawa baju ganti, Anda juga diwajibkan untuk membawa plastik. Ini berguna untuk memisahkan pakaian basah dan pakaian kering Anda.

6. Siapkan Obat-obatan
Berlibur saat musim hujan memang penuh persiapan yang ekstra. Obat-obatan adalah salah satu barang yang wajib Anda bawa. Setidaknya Anda harus menyiapkan obat lebih banyak untuk menghindari berbagai macam wabah penyakit pada saat musim hujan dan jangan lupa, siapkan asuransi perjalanan sebagai perlindungan penuh atas diri Anda.

7. Saat ingin traveling, gunakan makeup waterproof
Bagi seorang perempuan, berpenampilan cantik dan rapih menjadi point utama saat bepergian. Nah, solusi biar makeup yang dikenakan tidak luntur yaitu kalian dapat menggunakan makeup waterproof sehingga tidak perlu pusing saat hujan datang.

8. Ikuti Prakiraan Cuaca
Kini akses untuk melihat prakiraan cuaca juga dapat dengan mudah diperoleh baik melalui media massa atau aplikasi smartphone.  Dengan memantau ramalan cuaca, Anda dapat mengetahui tentang kondisi cuaca di daerah yang menjadi tujuan traveling.

0 komentar :

Post a comment

 
Top