Penyimpanan cloud pada era ini sudah menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan data agar lebih mudah diakses kapan pun dan di mana saja.

Konsep cloud storage cukup sederhana … sebagai ganti menyimpan file di ruang komputer ataupun perangkat mobile yang berharga, Anda mengunggah/meng-upload file-file tersebut ke situs penyedia layanan penyimpanan online. Anda bisa mengakses file-file Anda dimanapun selama ada koneksi Internet dan membagikan file-file menjadi semudah mengirimkan link pada seseorang.

Berikut penyimpanan data online gratis terbaik untuk Anda

Google Drive
Adalah media penyimpanan online gratis terbaik milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Selain itu Anda juga dapat menginstal aplikasi google drive untuk pc Anda, sehingga saat Anda ingin mengaploud file Anda tidak harus login ke website resmi google drive. Dengan seperti ini kerja Anda akan lebih mudah. Meski pun saat mengaploud Anda tetap membutuhkan akses internet. Kemudian dengan google drive, Anda bisa mengaploud dan berbagi data digital Anda kepada orang-orang yang Anda beri akses ke link download data Anda.

Google Drive juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search, dan sebagainya.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi Google Drive


Dropbox
Dropbox adalah layanan cloud storage gratis yang menawarkan  2GB ruang penyimpanan untuk setiap pengguna. Dropbox juga menawarkan tambahan space sampai dengan 18 GB apabila Anda dapat mereferensikan pendaftar baru melalui link referel yang Anda dapatkan.

Dengan dropbox Anda dalam meng-upload file dan berbagi file dengan siapa pun meski orang yang Anda berikan akses tersebut tidak memiliki akun di dropbox. Bahkan Anda dapat menginstal aplikasi dropbox ke komputer dan mengaploud file dari komputer. Artinya untuk mengaploud file Anda tidak harus login di website drobox. 

Dropbox juga memiliki aplikasi yang bisa kita Install pada Windows, Mac OS X, dan Linux. Tersedia juga aplikasi untuk mobile seperti Andriod, Windows Phone, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi Dropbox


OneDrive
Sebelumnya bernama SkyDrive. Adalah layanan penyedia file hosting gratis seperti Google Drive dan Dropbox. Layanan ini dibuat oleh Microsoft yang merupakan bagian dari Windows Live. Sedangkan kapasitas data gratis adalah 15 GB

OneDrive juga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file secara pribadi maupun untuk dibagikan secara umum. Adapun platform yang didukung adalah Windows, Mac, Windows Mobile, iOS, Web.

Fitur utama: aplikasi editor via web untuk file yang berupa dokumen (Word, Excel, PowerPoint dan OneNote).

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi One Drive


Mediafire
Adalah layanan penyimpanan data online yang menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 10 GB untuk pendaftar baru dan bisa bertambah jika ada pendatfar baru dari link refferal atau atau download aplikasi. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket pro dengan pembayaran tertentu.

Tapi ada satu hal yang harus Anda perhatikan jika anda mendaftar di mediafire minimal setahun sekali Anda harus login ke member area mediafire untuk memastikan akun Anda akan tetap aktif. Karena kalau sampai dengan lebih satu tahun Anda tidak pernah login maka akun Anda akan dibatalkan.


Sama halnya dengan ketiga storage yang sebelumnya mediafire bisa Anda gunakan untuk mengaploud dan berbagi file kepada siapa saja, meski orang yang Anda beri akses tidak memiliki akun di mediafire.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi Situs Resmi Mediafire


MEGA
Merupakan penyedia layanan cloud storage yang memberikan ruang sebesar 50GB untuk pengguna gratis. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket pro dengan pembayaran tertentu. Semua data yang di unggah akan dienkripsi, sehingga privasi anda lebih terjaga.

Salah satu kelebihannya adalah seluruh proses akan melewati enkripsi dan Mega sendiri tidak memiliki kuncinya hanya sang pemilik akun saja. Mega dapat di akses melalui berbagai jenis perangkat mulai dari Windows, Linux, Android, hingga Blackberry.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi Situs Resmi Mega


ADrive 
menyediakan pengguna dengan 50GB penyimpanan file online gratis dan fitur tambahan untuk cadangan, berbagi, mengedit, dan mengakses data Anda dari mana pun Anda memiliki akses internet. Cukup menyimpan file Anda di akun ADrive Anda & akses dari perangkat apapun, setiap saat.  Remote File transfer Sekarang Anda dapat langsung mentransfer file dari situs-situs eksternal untuk akun ADrive Anda dari jarak jauh. Setelah disimpan dalam akun Anda, file tersebut dapat dapatkan atau berbagi.i.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi Situs Resmi ADrive


Degoo
Degoo memberikan layanan penyedia dengan kapasitas 100 GB gratis dan bertambah 3GB setiap mengajak teman untuk bergabung dengan maksimal bonus 500 GB. sehingga saat ditotal ada 600 GB.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi Situs Resmi Degoo


Pcloud
adalah media penyimpanan data online yang memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 10GB untuk pengguna baru dan tambahan sampai dengan 20 GB jika Anda berhasil mereferensikan pendaftar baru melalui link refferal Anda. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket premium/business dengan pembayaran tertentu.

Pcloud dapat diinstal di komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. File yang kita upload di pCloud akan di transfer menggunakan protokol TLS/SSL. Iron-clad encryption adalah salah satu fitur andalan mereka, yang akan membuat file kita aman.

PCloud memungkinkan Anda mengupload dan berbagi file kepada siapa saja meski orang yang Anda berikan akses tidak memiliki akun di Pcloud. Baik file dan folder bisa di-share ke yang bukan pengguna pCloud sekalipun. Foldernya bahkan bisa di-download dalam format ZIP. pCloud juga menyediakanmu tautan unik dimana siapapun bisa mengirimimu file lewat URL unik. Anda bisa menambahkan file ke pCloud dengan remote URL baik satu file maupun satu folder, lewat browser. Aplikasi mobile nya bisa mengupload foto dan video langsung ke akun pCloud.

Hampir semua jenis file dapat kita simpan di sana. Pcloud juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile untuk perangkat iOS dan Android yang sangat mudah digunakan. Sebagai tambahan, kamu juga bisa membackup foto dari akun sosial media-mu seperti Facebook, Instagram, dan Picasa. Sip lah.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi Pcloud


Box
adalah media penyimpanan data online, 10 GB penyimpanan untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh Box. Box menyediakan aplikasi mobile untuk hampir semua device: iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone dimana kamu bisa mengupload/download/share konten. Aplikasi sync client untuk desktop tersedia dalam versi Windows dan Mac OS X, yang memudahkan upload file ke Box.

Pengguna Box bisa share seluruh data dalam folder atau memilih file tertentu yang akan di-share menggunakan tautan publik.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi Box


OziBox
Situs resminya memiliki judul “Dropbox, Googledrive alternative, Free Storage”. OziBox menawarkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 10 GB. Aplikasi desktop tersedia untuk Windows yang memiliki status window keren yang menampilkan progress bar, ukuran, dan kecepatan upload saat sedang mengupload. Kamu bahkan bisa mengatur prioritas upload untuk masing-masing file sehingga yang lebih penting akan lebih dahulu diupload.

File dan folder bisa kamu drop langsung ke folder OziBox yang ada di PC, atau bagi yang pengguna sistem operasi lain bisa mengupload lewat web browser. Aplikasi mobile tersedia untuk pengguna Android. Segala data hanya bisa di-share ke pengguna OziBox lain.


Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi OziBox


Yandex
Yandex.Disk akan memberikan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 10 GB. Ada banyak fitur berguna dalam Yandex.Disk: share file/folder privat/publik, kemampuan untuk import foto via media sosial, download banyak file sekaligus, upload mobile otomatis, dan drag and drop.

Pengguna Windows, Mac, dan Linux bisa menginstall aplikasi sync client untuk mengupload file ke Yandex.Disk, sementara aplikasi mobile nya tersedia untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi Yandex


hubiC
Adalah layanan cloud storage yang akan memberikan ruang penyimpanan sebesar 25GB secara gratis.
File yang kita simpan di sana juga dapat dibagikan secara online atau untuk pribadi saja.

Pengguna Windows, Mac, dan Linux bisa menginstall aplikasi desktop untuk mengupload file, atau cukup gunakan versi webnya. Aplikasi mobile bisa kamu gunakan di Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

File dan folder bisa di-share dengan siapapun walau bukan pengguna hubiC. Walau begitu, setiap tautan yang di-share harus diatur untuk aktif selama 5, 10, atau 30 hari sebelum kadaluarsa. Jika share folder, pengunjung bisa mendownload banyak file sekaligus lewat zip.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan kunjungi Situs Resmi hubiC


FlipDrive
Adalah solusi penyimpanan awan yang aman yang akan memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10GB. Dan masih bisa bertambah seiring kita mereferensikan FlipDrive melalui link refferal Anda.

FlipDrive didirikan pada ide sederhana untuk memungkinkan cara yang aman dan mudah untuk mengelola data dari mana saja! Dengan FlipDrive Anda aman dapat menyimpan file Anda, kontak, foto, bookmark, peristiwa, tugas dan informasi lainnya. Berbagi semua data Anda dan memiliki kontrol penuh. Anda bisa share file dengan siapa saja walau mereka tidak memiliki akun FlipDrive. Walaupun begitu, mengakses folder yang di-share membutuhkan akun FlipDrive. Pengakses bisa diberikan permissions beragam: write, edit, delete, share. Kamu bisa membuat hingga 10 tautan share dan upload file maksimal 25 MB.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs resmi FlipDrive


Dev file Cloud
adalah layanan cloud storage yang memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 20 GB untuk setiap pengguna. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket premium dengan pembayaran tertentu.

Dev File Cloud mendukung aplikasi dekstop dan mobile. Dan sama halnya dengan yang lain Dev File Cloud dapat Anda gunakan untuk menyimpan dan berbagi data kepada orang lain

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi Situs Resmi Dev File Cloud



Jottacloud
adalah layanan cloud storage Norwegia yang memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB untuk setiap pengguna.Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket unlimited individual dengan pembayaran tertentu.

Layanan ini memungkinkan Anda menyimpan dan berbagi file online kepada siapapun meski orang yang Anda maksud tidak memiliki akun di jottacloud. Jottacloud mendukung aplikasi dekstop dan mobile sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dan berbagi file tanpa harus masuk ke website jottacloud.

Untuk info lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi Situs Resmi Jottacloud


Sync
Merupakan salah satu layanan cloud storage yang juga mengizinkan kita untuk menyimpan file secara gratis dengan batasan ruang sebesar 5GB. Namun untuk bisa mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan tersebut ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah Install Sync di komputer, menginstal sync di mobile dan beberapa lagi yang lain. Jika Anda ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket business pro dengan biaya tertentu. 

Sama halnya dengan layanan yang lain sync dapat Anda gunakan untuk menyimpan file dan berbagi file kepada orang lain meski mereka tidak punya akun di sync. Selain itu juga Anda dapat menyimpan file data dari web atau pun dari aplikasi desktop dan mobile.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs resmi Sync


Hidrive
Adalah penyedia layanan file hosting gratis yang akan memberikan ruang sebesar 5GB. dan bisa Anda tingkatkan sampai dengan 10 GB apabila Anda berhasil mengajak orang lain bergabung melalui link refferal Anda. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket premium dengan pembayaran tertentu.

Sama halnya dengan yang lain, dengan menggunakan Hidrive Anda dapat menyimpan dan berbagi data secara online kepada orang lain meskipun orang yang Anda maksud tidak terdaftar di hidrive.

Hidrive juga menyediakan aplikasi yang bisa Anda download di iphone & ipad, android, windows phone dan windows 8. Hidrive sendiri bisa bekerja di sistem operasi window dan mac.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi situs resmi Hidrive


Cubby
adalah layanan cloud storage milik LogMeIn. Cubby menyediakan ruang penyimpanan data online secara gratis sebesar 5GB dan bisa Anda tingkatkan sampai dengan 25 GB jika Anda berhasil mengajak pengguna baru untuk mendaftar melalui link refferal Anda. Jika Anda ingin ruang penyimpanan yang lebih luas Anda bisa upgrade ke paket pro/enterprize dengan pembayaran tertentu.

Dengan Cubby Anda dapat menyimpan dan berbagi data secara online kepada siapapun meski orang yang Anda beri akses tidak memiliki akun di cubby.

Kemudian Anda pengguna windows dan Mac juga dapat menginstal aplikasi cubby pada komputer Anda sehingga Anda dapat mengaploud file dan menghapus file dari desktop komputer Anda.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi situs resmi Cubby


SugarSync
SugarSync sedikit berbeda dengan penyimpanan cloud biasanya. SugarSync mampu untuk melakukan backup seluruh isi komputer atau laptop. Kapasitas penyimpanan dasar yang ditawarkan sebesar 5GB secara gratis.

Kelebihan dari SugarSync adalah kemampuannya untuk memberikan hak akses Admin dan Staff, sehingga cocok untuk digunakan kalangan bisnis. Selain itu juga mampu melakukan sinkronisasi terhadap berkas apapun.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran silakan Anda kunjungi situs resmi SugarSync


Cloud Me
CloudMe memberikan kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis 3 GB dengan akses WebDAV. Bisa meningkat hingga 19 GB secara gratis dengan mereferensikan teman. Perangkat mobile juga didukung: Android, iPhone, iPad.

Cloud Me mendukung aplikasi desktop dan mobile seperti iPhone, iPad, dan Android. Dengan CloudMe  bisa share file individu dengan siapapun. Anda bisa mengupload banyak file sekaligus lewat web browser (hingga 150 MB untuk tiap file) atau aplikasi desktop untuk Windows, Mac, dan Ubuntu. Anda juga bisa share folder terproteksi password, dan pengguna lain bisa mengupload file ke akunmu jika kamu membuat folder WebShare+.

Kemudian sama seperti yang lainnya, cloud Me juga dapat Anda gunakan untuk menyimpan data dan berbagai data kepada orang lain. Bahkan Anda juga dapat memberikan passwrod untuk folder yang Anda buat.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs Resmi Cloud Me


Jumpshare
Ada lebih dari 200 format file bisa diupload ke Jumpshare, dengan disediakannya kapasitas awal untuk menyimpan data di internet secara gratis sebesar 2 GB. Jika mereferensikan teman, bisa dapat hingga 18 GB.

Aplikasi sync client tersedia untuk Windows dan Mac yang memiliki fitur drag and drop sangat sederhana serta kapabilitas untuk sharing file dengan hotkey.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs Resmi Jumpshare


SpiderOak
Bagi para pengguna yang sangat paranoid terhadap keamanan bisa menggunakan SpiderOak. Kapasitas yang ditawarkan secara gratis hanya 2GB saja. Namun, SpiderOak melakukan enkripsi pada segala kegiatan. SpiderOak bahkan tidak menyimpan kata sandi akun sekalipun, sehingga jika hilang tidak akan bisa didapatkan lagi.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs Resmi JumpshareSpiderOak


myDrive 
adalah penyedia penyimpanan cloud lainnya namun menawarkan kapasitas lebih sedikit dari penyedia sejenis. Maksimal hanya 100 MB. Menyediakan aplikasi mobile dan kamu bisa menghubungkan akunmu lewat WebDAV.

myDrive sangat terbatas jika dibandingkan dengan lainnya, seperti fakta bahwa sharing file hanya diperbolehkan jika kamu memberikan username dan password untuk “guest”. Meski begitu, kamu bisa mendownload banyak file yang telah diarsipkan dan me-restore file yang telah dihapus hingga sebulan setelah menghapusnya dari akunmu.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran Anda bisa kunjungi situs Resmi myDrive


Demikianlah ulasan tentang  situs penyimpanan data online terbaik yang bisa Anda gunakan. Tapi perlu diingat sebelum menggunakan layanan cloud tersebut periksa betul ketentuan layanan dan lain sebagainya melalui website resminya. Ini supaya Anda tahu bagaimana menggunakan setiap layanan dengan aman.

0 komentar :

Post a comment

 
Top