UNO dalam Bahasa Indonesia berarti “Satu”. UNO merupakan sebuah Permainan yang menarik, melatih kesabaran, keuletan, Fokus Mata dan Lain-lain. Perlu diketahui Permainan UNO  ini merupakan salah satu permainan yang populer di Dunia khususnya di tempat Pembuatnya (ITALIA). UNO diciptakan oleh Merle Robbins, seorang barbershop owner asal Reading, Ohio, pada tahun 1971. So, UNO berasal dari US ya, bukan dari Spanyol or Italia.

Jenis Kartu
Satu pack kartu UNO berjumlah 108 yang terdiri dari “kartu biasa” dan “kartu aksi” dengan pembagian sbb:
- 76 kartu biasa dengan empat warna bernomor 0 sampai 9. Tiap angka terdiri dari dua kartu kecuali 0, maka total ada 19 kartu merah, 19 kartu hijau, 19 kartu biru, dan 19 kartu kuning;
- 32 kartu aksi yang terdiri dari: 
   - 8 kartu draw two (+2): 2 tiap warna;
   - 8 kartu reverse: 2 tiap warna;
   - 8 kartu skip: 2 tiap warna;
   - 4 kartu wild draw four (+4); dan 
   - 4 kartu wild.
Draw 2 Card, Kartu ini akan membuat pemain selanjutnya harus mencabut 2 kartu dari kartu cabutan.
Reverse Card, Kartu ini membalikkan arah permainan. Dari searah jarum jam, menjadi berlawanan jarum jam
Skip Card, Pemain setelah kamu akan kehilangan giliran, kecuali kalau dia memiliki skip card juga. Misal pemain 1 mengeluarkan skip card, maka giriliran main langsung ke pemain nomor 3, kecuali pemain 2 memiliki skip card juga yang bisa mainkan.
Wild Card, Kartu ini bisa ke semua warna. Pemain yang mengeluarkan kartu ini dapat mengubah warna kartu. Misal, kartu harus lah berwarna merah, namun si pemain hanya punya wild card, maka ia dapat menggunakannya dan dapat mengganti warna kartu menjadi hijau, kuning, biru atau tetap merah.
Wild Draw 4 Card, Kartu ini membuat pemain giliran selanjutnya harus mencabut 4 kartu dari kartu cabutan. Selain itu si pemain yang mengeluarkan kartu ini memiliki hak untuk mengubah warna kartu.

Cara Main UNO :
Banyak yang tidak mengetahui cara bermain UNO, padahal sebenarnya bermain UNO itu sangat mudah. Dan bila seseorang sudah mengetahui caranya biasanya orang tersebut akan ketagihan (additected) untuk bermain UNO. 
  • Permainan UNO sendiri dimainkan oleh minimal 2 Orang atau lebih. Makin banyak yang bermain, pastinya permainan akan semakin menarik.
  • Permainan kartu dimulai dengan membagi 7 kartu ke setiap pemain. Kemudian ambil satu kartu dari tumpukan kartu sebagai bukaan pertama dan sisa biarkan dengan tumpukan kartu tertutup sebagai kartu yang diambil pemain yang terkena pinalti. 
  • Pada dasarnya permainan UNO hanya menyamakan angka dan atau menyamakan warna dengan kartu yang terakhir dibuang oleh pemain terakhir. Jika punya 2 kartu atau lebih dengan nomor sama baik warna sama atau berbeda dapat diturunkan bersama dan kemudian kartu pada tumpukan teratas yang diturunkan tadi menjadi kartu yang yang wajib dilawan pemain selanjutnya.
  • jika kartu yang dipegang di tangan pemain tinggal satu kartu, pemain itu wajib mengucapkan kata ‘UNO!!’, apabila pemain lain lebih dulu mengucapkan kata ‘UNO!!’ sembari menunjuk pemain itu, maka pemain yang tinggal satu kartu tadi terkena pinalti. Setelah kartu habis pemain juga wajib mengucap ‘UNO!!’ 2 kali, jika keduluan pemain lain juga terkena pinalti.
Macam - macam Pinalti:Pinalti kartu warna tanpa nomor
Pemain yang tangannya berada di tumpukan paling atas mengambil 2 kartu.
Pinalti kartu Draw (kartu ‘+2′ atau ‘+4′)
Pemain yang tidak bisa melawan kartu draw, mengambil kartu sejumlah akumulasi dari kartu draw dihitung sejak kartu draw pertama. Jadi begini, jika pemain pertama menurunkan kartu +2, pemain kedua juga menurunkan kartu +2, permain ketiga menurunkan kartu +4, dan pemain keempat tidak punya kartu +4, maka pemain keempat terkena pinalti mengambil kartu sejumlah 2 + 2 + 4 = 8 kartu.
Pinalti menyebutkan kata ‘UNO’
Ini pinalti yang paling seru!! Kata ‘UNO’ dalam permainan ini sangat keramat, saat permainan dimulai pemain tidak boleh mengucapkan kata ‘UNO’ kecuali kartu pemain tersebut tinggal satu kartu. Setiap satu kata ‘UNO’ yang terucap mengambil kartu pinalti 2 buah.

  • Permainan berakhir saat telah ada satu pemain yang kartu di tangannya sudah habis. Setelah itu baru menghitung skor  setiap pemain.

Jumlahkan semua kartu yang tersisa di tangan pemain- Hitung Kartu (0-9) seperti angka biasa- Hitung Kartu Draw 2, Skip, dan Reverse sebanyak 20 poin- Hitung Wild Card dan Draw 4 Card Sebanyak 50 poin

Taktik-taktik yang disarankan:

  • Sebisa mungkin keluarkan secepatnya kartu terbesar yang ada ditangan. Untuk menghindari lawan mendapatkan nilai yang besar ketika menang.
  • Keluarkan terlebih dahulu kartu yang tidak mempunyai kesamaan angka dengan yang lain.
  • Pertahankan kartu joker selama mungkin, terutama kartu WDF agar lawan kita yang sudah UNO (tinggal memilik 1 kartu) tidak dapat menang dengan mudah. Konsentrasi terhadap permainan, amati kartu yang telah keluar. 
  • Walaupun kartu tinggal bersisa satu tidak menjamin bisa keluar sebagai pemenang karena sewaktu-waktu pemain sebelumnya bisa saja memerintahkan untuk mengambil dua kartu atau empat kartu tambahan lagi
  • Sering-seringlah ganggu konsentrasi pemain lain dengan mengajak ngobrol :))


Selamat Mencoba dann Selamat Bermain ^_^




Sumber : 

0 komentar :

Post a comment

 
Top