Jika Anda adalah salah satu orang yang malas berolahraga, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk berenang. Olahraga ini menawarkan banyak manfaat sehat bagi tubuh, membantu membakar lemak, dan membuat tubuh lebih segar.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk memulai olahraga renang, antara lain:

1. Memperkuat seluruh otot tubuh
Berenang tidak hanya membuat otot punggung dan lengan Anda bekerja keras, tetapi otot-otot lain di seluruh tubuh juga ikut berkontraksi. Olahraga ini lebih asik karena Anda dapat memperkuat seluruh otot tubuh tanpa harus melakukan berbagai jenis latihan.

2. Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Dengan berenang berarti anda melatih kelenturan otot kaki dan tangan, anda bisa mencoba beberapa gaya renang dengan resiko yang tidak terlalu tinggi dibandingkan olahraga lain. Keseimbangan juga merupakan manfaat yang diperoleh dari hasil latihan rutin. Orang yang rutin berenang pasti akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berenang.

3. Olahraga yang ramah terhadap pemulihan cedera lutut
Jika Anda baru saja pulih dari cedera lutut, renang adalah pilihan olahraga yang ramah terhadap pemulihan dan tepat untuk membangun kekuatan kembali. Tubuh mungkin belum siap untuk memulai olahraga seperti berjalan, sehingga berenang adalah alternatif yang bagus karena tidak memberikan tekanan yang besar pada lutut.

4. Membuat otot lebih fleksibel
Olahraga renang menggabungkan latihan ketahanan dengan kardio, yang dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh terlibat dalam berbagai gerakan yang membantu otot-otot lebih fleksibel.
Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya adalah menguatkan otot otot triceps, kalau belum tahu otot triceps itu apa otot triceps adalah otot yang terletak dibagian belakang lengan. Peningkatan massa oto triceps ini bisa mencapai 23,8% bila rutin berenang dalam delapan minggu atau lebih.

5. Latihan yang baik untuk orang yang memiliki asma
Berenang memungkinkan Anda untuk beraktivitas fisik di udara lembab yaitu di dalam kolam renang. Olahraga ini dipercaya dapat mengurangi risiko asma karena berenang memerlukan beberapa kontrol napas dan juga meningkatkan fungsi paru-paru Anda secara keseluruhan terkait kapasitas pernapasan.

6. Cara yang bagus untuk membakar kalori
Sebuah studi menunjukkan bahwa berenang selama satu jam dengan intensitas sedang dapat membakar sekitar 500 kalori. Olahraga renang membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan lebih banyak membakar kalori.

7. Memaksimalkan kardio Anda
Berenang merupakan latihan aerobik yang baik karena melibatkan kontrol napas yang lebih banyak dibandingkan dengan berjalan, sehingga peningkatan permintaan untuk oksigen, menyebabkan otot-otot Anda bekerja lebih keras. Sehingga Anda dapat mendapatkan manfaat latihan kardio dengan lebih maksimal di waktu yang lebih singkat.

8. Kebugaran Jantung
Olahraga renang juga berfungsi untuk melatih kekuatan jantung, Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Olahraga ini merupakan aerobik untuk melatih kardiovaskular. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa / stroke valume sebesar 18 %.

9. Mengurangi Resiko Arthritis
Arthritis merupakan peradangan menyakitkan pada sendi yang mengakibatkan kekakuan sendi. Renang merupakan olehraga yang paling dianjurkan untuk mengurangi resiko Arthritis. Hal ini karena renang merupakan olahraga yang menggerakkan semua bagian tubuh namun tidak terlalu memberi beban dan ketegangan pada sendi. Pada saat berenang berat beban anda akan menjadi ringan daripada saat tidak berada di dalam air. Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu tipe Arthritis yang memerlukan terapi renang untuk mengurangi rasa sakit pada sendi. Para ahli lebih menganjurkan penderita Rheumatoid Arthritis untuk rutin berenang daripada harus mengonsumsi obat-obatan.

10. Bisa Memiliki Umur Panjang
Jika anda ingin memiliki umur panjang, maka rutinlah berenang. Menurut studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin berenang setiap hari memiliki kecenderungan lebih sehat dan tingkat kematiannya lebih rendah 50% dibandingkan orang yang tidak berenang. Hal lain yang bisa menjadi bukti ini adalah adanya kelas renang di United States Masters Swimming untuk kategori umur 100-104 tahun, sungguh luar biasa.

11. Menjaga Berat Badan
Renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan ideal. Bayangkan cukup dengan berenang selama satu jam anda bisa membakar 100 – 200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang. Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan anda, semakin anda rutin maka renang bisa membakar kalori lebih baik dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda.

12. Relaksasi
Jika anda merasa jenuh atau stress dengan rutinitas kerja anda, coba deh langsung berenang di kolam dan nikmati waktu santai anda untuk menyegarkan tubuh dan pikiran anda. Ketenangan air cukup bagus untuk kesehatan mental anda apalagi ketika anda mulai menggerakkan tubuh anda untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali. Usahakan untuk berenang di kolam yang tidak terlalu ramai agar relaksasi anda berjalan dengan sempurna.

13. Menyegarkan
Berenang adalah olahraga yang paling menyegarkan karena sepanjang aktivitas, Anda lakukan dalam air. Sehingga tidak heran jika banyak wanita yang memilih olahraga ini, karena menyukai latihan yang tidak membuatnya berkeringat dan gerah setelahnya.

0 komentar :

Post a comment

 
Top