Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari, pilihan tepat untuk menutupi kulit adalah dengan menggunakan sunblock atau sunscreen. Dua lotion perlindungan kulit ini ternyata berbeda cara kerjanya dalam mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. 

Sunblock mengandung bahan fisik atau anorganik yang bertindak sebagai dinding antara kulit dengan matahari. Bahan sunblock biasanya zinc oxide atau titanium dioxide. Kedua bahan ini tidak dapat diserap oleh kulit melainkan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang dapat memantulkan sinar matahari sebelum mengenai kulit. Pada umumnya sunblock sangat efektif dalam memantulkan sinar UV A dan UV B. Sinar UV A dapat menyebabkan penuaan pada kulit dan UV B menyebabkan kulit terbakar.

Sementara sunscreen berfungsi melindungi kulit dengan melakukan penyerapan sinar ultraviolet (UVA dan UVB) sebelum terpapar lebih lama oleh sinar matahari. Sunscreen berfungsi menyaring sinar ultraviolet dan mengurangi paparan radiasi yang dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan lebih cepat.

Menggunakan sunscreen dan sunblock secara bersamaan tidak dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar UV. Dan mengaplikasikan beberapa sunscreen sekaligus juga tidak akan meningkatkan penyerapan sinar UV. Penyerapan sinar UV hanya sampai tingkat maximum dari kemampuan produk tersebut. 

Apa maksud dari angka-angka SPF tersebut..?
SPF 15 artinya jika kita telah terpapar sinar matahari selama 10 menit,, SPF 15 akan melindungu kulit kita dari kerusakan (akibat terbakar sinar matahari selama 150 menit, begitu juga dengan SPF 30. SPF yang lebih tinggi berarti memiliki waktu yang lebih banyak untuk bisa terpapar sinar matahari, hal ini juga menggambarkan persentase sinar UV B yang diserap.

SPF % UV
absorbed
250
470
887,5
1593,3
3096,7
5098

Makin tinggi SPF (70 – 100) sebenarnya makin bagus. Masalahnya peningkatan kemampuan proteksinya dibandingkan SPF 50 hanya beda sedikit, namun harganya beda jauh! Jadi untuk alasan logis-ekonomis yang disarankan maksimal adalah SPF 50.

Okay, sekarang mengenai kode PA. PA artinya Protection Grade of UV A atau tingkat perlindungan terhadap UV A.

Tanda + setelah kode PA menandakan tingkat proteksi terhadap UV-A. Makin banyak tanda + nya berarti makin tinggi tingkat proteksinya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya.

Bagaimana memilih SPF yang tepat..?
Kenali dirimuJika anda seorang yang sangat putih (mungkin lebih putih dari kertas putih??) atau anda mempunyai riwayat keluarga kanker kulit, atau sangat sensitiv terhadap sinar matahari atau obat, gunakanlah sunscreen dengan broad spektrum luas (SPF tinggi) dan gunakanlah sesering mungkin
Nomor SPF mengindikasikan kekuatannya dalam melindungi kulit terhadap UVB, tapi banyak sunscreen, walau dengan high SPF, sinar UVA juga diserap oleh kulit. Pilihlah sunscreen dengan broad spectrum luas (memiliki UVA protection).
Agar efektif, gunakan sunscreen 15-20 menit sebelum kulit kita terpapar sinar matahari
Jika anda berkeringat, atau berenang maka gunakan sesering mungkin untuk menjaga keefektifan dari sunscreen

Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top