Bagi pencinta museum yang sedang berlibur ke Bandung, tidak ada salahnya berkunjung ke Museum Pos Indonesia. Museum ini terletak satu areal dengan gedung sate, jadi cukup mudah dicari lokasinya.


Museum ini mulai dibangun sejak 27 Juli 1920 pada jaman Hindia Belanda dengan arsitek Ir. J . Berger dan Leutdsgebouwdienst. Mulai digunakan pada 1933 dengan nama museum Pos Telegrap dan Telepon. Sempat terbengkalai saat Perang Dunia II, namun setelah merdeka, pada 27 September 1983, museum ini diresmikan untuk umum oleh menteri Pariwisata dan Telekomunikasi, Achmad Tahir dengan nama Museum Pos dan Giro. Kemudian pada tanggal 20 Juni 1995 karena nama dan status perusahaan berubah dari Perusahaan Umum Pos & Giro menjadi PT. Pos Indonesia, maka nama Museum Pos dan Giro juga ikut disesuaikan menjadi Museum Pos Indonesia.


Di sini terdapat banyak sekali koleksi perangko dari masa ke masa baik dari dalam maupun mancanegara yang jumlahnya mencapai ribuan. Bahkan tidak hanya beragam koleksi perangko dari seluruh dunia saja,  di Museum Pos Indonesia di kota Bandung juga terdapat beragam benda-benda pos mulai dari timbangan surat, sepeda pengantar pos juga turut dipajang sebagai barang pameran. bahkan set diorama pengantaran surat oleh pak pos yang disambut oleh masyarakat.

Barang lainnya yang turut juga dipajang adalah fase perkembangan baju dinas serta peralatan pos dari masa ke masa, mulai dari zaman kolonial hingga waktu saat ini. Yang cukup banyak menarik perhatian pengunjung yang datang ke Museum Pos Indonesia di Bandung ini adalah terdapatnya sebuah ruangan pamer, yang memajangkan berbagai surat emas dari berbagai raja-raja nusantara kepada para komandan dan gubernur Jendral Belanda.




Museum Pos Indonesia sejak tahun 2013 yang silam, sudah menyediakan fasilitas untuk memudahkan pengunjung untuk lebih baik dalam merasakan pengalaman berwisata sejarah di sini dengan lebih fun dan nyaman di dalam museum serta akhirnya akan senang tidak bosan berkunjung ke museum.
  




Museum Pos Indonesia
Jalan Cilaki No. 73 Bandung

Jam Buka
Senin-Jumat 08.00-15.00
Sabtu 08.00-13.00
Minggu dan Libur Nasional TUTUP

Tiket Masuk
GRATIS







0 komentar :

Post a comment

 
Top