Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu, kadang hujan namun sesaat kemudian panas terik. Bagi pengendara roda dua atau bikers, antisipasi kemungkinan terburuk sangat penting karena hal ini menyangkut keselamatan, kenyamanan, dan daya tahan kendaraan. 


Ada baiknya kamu mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan  untuk menghadapi hujan, supaya aktivitasmu tetap berjalan lancar

1. Jas Hujan.
Peralatan  paling utama harus dipersiapkan adalah jas hujan.  Usahakan pilih jas hujan yang terdiri dari baju dan celana untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat tersangkutnya jas hujan pada motor. Dan disarankan jas hujan yang memiliki garis atau reflektor yang menyala jika terkena oleh sinar, termasuk dari pengendara lain. 

2. Helm Full Face
Pakailah helm jenis full face untuk pengendara. Pilih helm dengan warna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain terutama pada saat berkendara di cuaca hujan dan malam hari. 



3,  Sandal, atau sepatu karet
Bawa sandal, atau sepatu karet didalam tas tentu kita tidak ingin saat sedang berkendara motor, tiba-tiba hujan turun dan membuat sepatu keren yang dipakai jadi ikutan basah. Apalagi jika kalian memakai sepatu yang basah sepanjang hari, hal tersebut dapat membuat kalian terserang fu pada keesokan. harinya. Antisipasi kejadian tersebut dengan membawa sandal atau sepatu anti air di dalam tas atau kendaraan kalian. Kita bisa mengurangi kemungkinan menggunakan sepatu basah saat di dalam ruangan, dengan menggunakan sandal tersebut selama dalam perjalanan.



3. Cover Sepatu
Cover Shoes ini sudah sangat terkenal dan banyak di gunakan para bikers karena keunggulannya melindungi sepatu dari air & kotoran terutama di musim hujan.Jas Hujan buat lindungi Sepatu kesayangan dari panas, Debu dan Hujan.

Gunakan Sepatu dengan alas yang tidak licin dan pilih sepatu yang memiliki panjang di atas mata kaki. Selain mempersiapkan peralatan, 
4. Bag-pack Cover Anti Air
Jika Membawa Tas / Ransel, sepertinya kalian memerlukan bagpack cover anti air. Dengan backpack anti air, semua barang dalam ransel, akan terlindung dari air hujan, 
5. Kantung Plastik
Sediakanlah beberapa kantong plastik di dalam tasmu. Kantong plastik ini berguna untuk membungkus segala barang-barangmu untuk menyimpan barang-barang berharga seperti uang, dompet dan ponsel , serta alas kaki atau sepatu basah, handuk basah dan juga baju basah. yang terkena air hujan tadi. 

Jika ingin lebih yakin lagi, kalian harus mengikatnya dengan tali karet agar memastikan bahwa tidak ada air yang masuk. Kantung plastik juga bisa bermanfaat untuk memisahkan pakaian basah didalam ransel.


Kondisi kendaraan juga harus diperhatikan dan dirawat. Lakukan pembersihan kendaraan setelah bepergian di saat hujan. Air hujan bersifat asam dan memicu karat jadi sebaiknya segera mencuci atau menyiramnya dengan air bersih. Sehabis menerobos genangan, sebaiknya bersihkan bagian bawah kendaraan, biasanya ada material-material sampah yang tersangkut. Dengan begitu tidak hanya pengendara yang selamat tapi juga motor tetap terawat dengan baik.

0 komentar :

Post a comment

 
Top