Apa yang perlu dilakukan sebagai single parent agar hubungan dengan anak terjalin dengan harmonis? Berikut cara yang bisa dicoba:

1. Hormati anak Anda. Saat anak melontarkan pertanyaan, orang tua harus menjawab jujur. Misal saat anak menanyakan tentang kondisi orang tua yang tidak lagi bersama atau anak menanyakan nama mama atau papanya. Jangan membuat anak berpikir bahwa ada rahasia karena itu dapat melukainya, menyebabkan dia tidak nyaman dan akhirnya kurang percaya diri. 

2. Selalu Berkomunikasi. Meskipun Anda dan anak hidup terpisah, jalinlah komunikasi dengan anak di sela-sela pekerjaan, misal kirim sms atau telepon. Tanyakan hal-hal sepele seperti keadaannya di rumah atau kegiatannya di sekolah dan teman-temannya. 

3. Ekspresikan. Tunjukkan rasa sayang kepada anak misal dengan memberi pujian, memotivasinya dan mendukung kegiatan positif yang memang ia sukai.

4. Teman untuk berbagi. Jadilah orang tua yang tidak sekedar orang tua, artinya bisa menjadi orang tua sekaligus teman atau sahabat anak. Tempat di mana anak bisa bercerita tentang segala hal yang ia rasakan tanpa malu dan segan.

5. Jangan terlihat murung. Jika anak melihat Anda murung atau sedih, itu dapat membuat si kecil merasakan hal yang sama. Buatlah hari-hari bersama anak selalu berwarna dan bahagia. Misal selalu bercanda, menonton film komedi atau liburan seru bersama ke tempat wisata kesukaan berdua.

6. Dekat dengan keluarga. Untuk mengisi kekosongan sosok papa atau mama yang hilang. Sebaiknya dekatkan anak dengan saudara atau keluarga. Misalnya paman, bibi atau kakek neneknya. Jadi ia tetap mendapatkan perhatian 


Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top