Ada sebuah tempat wisata Wakatobi berupa Goa pemandian. Namanya Kontamale, yang berarti pemandian, telaga atau danau. Pemandian Kontamale ini termasuk salah satu destinasi wisata yang ada di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Tepatnya di Pulau Wangi-wangi, pulau yang lebih sering disebut Pulau Wanci oleh warga sekitar. Berada tidak jauh dari jalan raya, lokasi yang biasa digunakan penduduk sekitar buat mandi bersama. Bentuk Air Kontamale berada di sebuah ceruk batuan karang yang terlindungi pohon peneduh yang rindang. Bahkan untuk masuk tempat ini tidak dikenai bea masuk apapun. Sumber mata air Kontamale sangat jernih sehingga memantulkan warna kebiruan dan tosca jika terkena sinar matahari.

Air yang bisa dinikmati di pemandian umum Kontamale ini adalah air dingin tawar yang sedikit payau. Masyarakat di sekitar pemandian Kontamale biasa memanfaatkan Kontamale layaknya sungai. Selain mandi, di Kontamale banyak juga yang melakukan kegiatan mencuci pakaian. Meski masyarakat menggunakan sabun dan bahan lain yang biasanya membuat air menjadi keruh dan kotor, namun di Kontamale hal itu tidak terjadi. Air di Kontamale selalu kembali jernih dan menyegarkan. Selain air yang jernih, pemandangan pepohonan yang rindang juga menambah segar mata. 



0 komentar :

Post a comment

 
Top