Bicara soal Lombok, rasanya semua setuju kalau pulau satu ini memang dianugerahi dengan pemandangan alam yang indah. Bahkan, pesona Lombok sudah tersohor hingga ke mancanegara. Meskipun Lombok mungkin lebih terkenal dengan pantai berpasir putihnya, pulau tersebut juga memiliki banyak wisata air terjun yang tak kalah keren

Air Terjun Otak Kokok Joben. Nama dari air terjun ini rupanya berasal dari bahasa Sasak, yang merupakan bahasa asli orang Lombok. Dalam bahasa Sasak, otak berarti kepala, kokok artinya sungai/kali, sementara joben adalah nama daerah lokasi air terjun. Tiket masuk ke area wisata ini juga sangat murah lho. Cuma Rp 5000! Bayangkan saja, dengan uang segitu kita sudah bisa menikmati segarnya air kolam yang berada langsung di Air Terjun Otak Kokok Joben.

Air Terjun Otak Kokok Joben adalah lokasi tujuan wisata favorit keluarga dan lokasi yang menakjubkan untuk menarik pengunjung dari luar ke pedesaan Lombok yang indah dan airnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. 90 menit perjalanan dari Mataram ke lokasi pemandian Otak Kokok Joben di desa Pesanggarahan, Kecamatan Montong Gading Lombok Timur terasa lebih singkat. Melewati suburnya sawah dan para petani tembakau. Jalan masuk ke Otak Kokok Joben ditandai dengan gapura besar yang berbentuk lambung padi Lombok. 

Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter, di mana air terjunnya keluar dari akar pohon banjur yang sudah berumur hingga ratusan tahun. Mandi di air terjun Otak Kokok Joben, penyakit yang ada pada tubuh dapat disembuhkan. air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhan berbagai macam penyakit kulit. Untuk membuktikan adanya suatu penyakit pada seseorang air terjunnya akan berubah menjadi keruh seperti Lumpur dan apabila airnya jernih maka tidak ada penyakit pada orang itu. Air terjun joben ini cukup dingin, jadi yang kurang tahan dengan rasa dingin jangan berendam lama-lama ya. Suasana di joben akan terasa lebih indah dan menyenangkan jika disertai dengan hujan gerimis gerimis.





Otak kokok merupakan objek wisata yang terkenal dengan Di tempat ini kita akan menemukan dua kolam renang untuk mandi, yaitu kolam dangkal dan kolam dalam. kolam dangkal di khususkan untuk anak anak kecil dan kolam dalam untuk orang dewasa. Adaberbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, gazebo, ruang ganti, penyewaan pakaian renang, pelampung, Selain itu di objek ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan pernak pernik kerajinan khas Lombok. Pemandangan alam di objek ini cukup bagus, tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur.

Tempat wisata ini semakin terkenal sehingga di jadikanlah tempat ini sebagai salah satu pusat rekreasi dengan dibangunnya gazebo-gazebo serta kolam renang. Di Joben memiliki 2 kolam  Jika kita datang pada hari libur banyak para pedagang yang berdagang disana. Seperti dagang jagung, dagang asesoris dan dagang nasi. Terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, gazebo, ruang ganti, penyewaan pakaian renang, pelampung, kolam renang anak-anak dan dewasa serta air terjun. 



Air Terjun Otak Kokok

Alamat:
Desa Montong Betok,
Kecamatan Montong Gading,
Kabupaten Lombok Timur,
usa Tenggara Barat 83553

Tiket Masuk
Dewasa : Rp 5000/orang
Anak-anak : Rp 3000/orang 








0 komentar :

Post a comment

 
Top