Kemajuan teknologi komunikasi menggiring gaya hidup kaum urban ke peradaban baru yang kita sebut modernisasi. Tidak heran jika generasi muda lebih mengenal lagu-lagu yang tertera di Billboard daripada lagu daerah, atau lebih bangga mengenakan pakaian hasil olahan pabrik modern dibandingkan batik tradisional.

Kekhawatiran akan memudarnya pengetahuan generasi muda terhadap budaya tersebut lah yang memotivasi Indonesia Kaya bersama Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mendirikan Galeri Indonesia Kaya (GIK) yang terletak di Grand Indonesia Shopping Town, West Mall, lantai 8.

GIK sengaja didirikan dalam mall untuk menarik perhatian dan memperkenalkan kembali budaya Indonesia terhadap kaum urban dengan cara yang lebih kekinian dengan memanfaatkan unsur-unsur teknologi canggih.

Saat masuk ke GIK kamu akan disambut oleh tiga layar setinggi badan manusia dewasa yang memperlihatkan pasangan pria dan perempuan di setiap layarnya. Masing-masing mengucapkan salam selamat datang dengan menggunakan pakaian adat dari 10 daerah yang menjadi representasi Indonesia secara keseluruhan.





Galeri Indonesia Kaya (GIK) adalah sebuah ruang publik yang didirikan dengan perpaduan konsep edukasi dan digital multimedia untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, khususnya bagi generasi muda, dengan cara yang menyenangkan, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya. Tidak hanya itu, konsep desain juga mengangkat kekhasan Indonesia dalam kekinian yang diangkat di dalam interior GIK seperti rotan, motif parang, bunga melati, batok kelapa dan kain batik tulis dari 12 daerah sebagai ornamen. Secara keseluruhan, terdapat 12 aplikasi yang bisa ditemukan di GIK, antara lain: Sapa Indonesia, Video Mapping, Kaca Pintar Indonesia, Jelajah Indonesia, Selaras Pakaian Adat, Melodi Alunan Daerah, Selasar Santai, Ceria Anak Indonesia (Congklak), Layar Telaah Budaya (Surface), Arungi Indonesia, Area Peraga, dan Fantasi Tari Indonesia. Dapat dikatakan, GIK merupakan wadah pertukaran informasi mengenai seni dan budaya Indonesia. Berlokasi di pusat perbelanjaan pusat kota, ruang publik ini diharapkan bisa menjadikan seni dan budaya sebagai gaya hidup masyarakat masa kini, khususnya generasi muda dan insan kreatif serta dapat memperkaya mereka dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia

“Cinta Budaya Cinta Indonesia!”



Galeri Indonesia Kaya
Alamat:
Grand Indonesia, West Mall Lt. 8,
Jalan MH Thamrin No. 1,
Jakarta 10310, Indonesia

Jam Operasional :
Setiap Hari, pukul10.00–22.00   (sesuai jam operasional GI)

Tiket : Gratis.

Website: www.indonesiakaya.com

0 komentar :

Post a comment

 
Top