Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai di Malang yang kini menjadi destinasi wisata pantai favorit bagi para wisatawan yang berkunjung di kota Malang Jawa Timur. Bagi yang senang menikmati suasana pantai, maka pantai yang satu ini wajib Anda kunjungi karena memiliki banyak keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur. Bahkan banyak orang yang menyebut Pantai Balekambang ini sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur. Pantai Balekambang Malang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur, atau terletak sekitar 60 km di sebelah selatan kota Malang. 

Begitu sampai di bibir pantai, akan langsung disuguhi birunya air laut yang indah, deburan ombak serta panorama khas pantai. Pantai Balekambang terbilang sebuah pantai yang bersih dan termanage dengan baik.daerah ini dipenuhi dengan berbagai macam karang laut dan terkadang ketika air surut anda bisa melihat berbagai macam ikan hias dan bio laut yang berkerumun.  Suasananya yang cukup tenang dapat menjadi obat untuk mengurangi atau setidaknya sejenak melupakan beban pikiran yang Anda rasakan saat ini. Selain panorama deburan ombak dan pasir putih, Anda juga dapat menikmati beberapa barisan pulau di seberang pantai, seperti Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman, dan Pulau Ismoyo, dimana pulau-pulau tersebut terhubung dengan jembatan. 

Salah satu pulau yang bernama Pulau Ismoyo sepintas kalau diperhatikan seperti Tanah Lot di pulau
Bali. Di atasnya terdapat bangunan pura yang diberi nama "Amerta Jati". Pura ini tidak seperti halnya pura di Bali, karena dipengaruhi oleh candi-candi jaman Majapahit yang banyak terdapat di Malang. Pura ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan.  Untuk menuju kesana harus melaui jembatan sepanjang 200 meter dari bibir pantai. 

Meski tempatnya bisa dikatakan terpencil, Pantai tersebut sudah menyediakan beraneka fasilitas yang cukup lengkap sebut saja warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan ada juga wahana "fliying fox"  sebagai sarana bermain bagi anggota keluarga., namun wahana ini hanya tersedia pada hari Sabtu dan Minggu saja.


Pantai Balekambang bukan sekedar pantai biasa. Menurut sebuah portal berita, Pantai Balekambang, menjadi salah satu pantai dengan pesona sunset-nya yang luar biasa menakjubkan di dunia. Hal tersebut membuat Balekambang banyak di kunjungi wisatawan asing maupun lokal.


Harga Tiket 
Pengunjung : Rp 15.000,- /orang
Mobil : Rp. 10.000
Motor : Rp. 5.000
Bus/Truk : Rp.15.000
Flying Fox : Rp 20.000,-
Sewa Penginapan : Rp 150.000,- s/d Rp 240.000,- per malam.



0 komentar :

Post a comment

 
Top