Masjid Tiban, demikian masyarakat menyebutnya. Masjid Tiban juga kerap disebut sebagai Masjid Ajaib karena konon pembangunan masjid ini tidak diketahui warga sekitar. Masjid Tiban menjadi salah satu masjid terindah di tanah Jawa. Masjid ini memiliki banyak menara dengan ujungnya yang lancip didominasi warna biru tua. Sedangkan bangunan utamanya terdiri dari 10 lantai. Sebuah masjid besar yang penuh dengan keagungan dan keindahan. Dengan arsitektur yang megah dan warna yang biru.  

Masjid bernama Tiban ini merupakan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Malang, Jawa Timur.  Pembangunan masjid ini disebut bukan dirancang oleh seorang arsitek ternama, melainkan hasil dari istikharah pemilik Apindo pesantren ini.



Masjid ini terdiri dari lantai 9 yang dapat anda jelajahi dengan menggunakan lift ataupun dengan melalui anak tangga yang telah disediakan. Pada lantai dasar yang, pintu masuk dibuat berlorong dan dihiasi dengan lampu yang memberikan kesan tersendiri. Disalah satu lantai Anda bisa menemukan toko yang menjual makanan ringan serta toko cinderamata. Pada lantai sembilan Anda dapat melihat pemandangan yang indah baik itu didalam komplek atau diluar kompleks pendok pesantren.


Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang masjid ini adalah proses pembangunan yang dilakukan secara ramah lingkungan. Bahkan ada salah satu bagian dari masjid tersebut yang sengaja dibuat dengan posisi menghindari sebuh pohon kelapa. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga pohon tersebut tetap hidup dan tidak perlu menebangnya. Selain itu disalah satu tempat terdapat area yang digunakan khusus untuk satwa, seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan dan beberapa macam satwa lainnya. Uniknya, masjid ini juga memiliki kolam renang dengan perahu yang hanya boleh dinaiki oleh wisatawan anak-anak. 


Akses menuju lokasi sangatlah mudah untuk dijangkau dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda4. Meskipun demikian publikasi tentang adanya masjid ini sangatlah kurang. Sehingga tidak semua orang tahu layaknya tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia.


Masjid Tiban Turen Malang
Jalan Wahid Hasyim, Gang Anggur, 
Desa Sananrejo, Kecamatan Turen,
Kabupaten Malang
No Telepon : 081316699606

Jam buka : 24 jam
Tiket masuk  : Gratis

0 komentar :

Post a comment

 
Top