Melengkapi wisata anda di Bandung, tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu libur anda untuk menikmati alunan musik tradisional di Saung Angklung Udjo yang terletak di Jl Padasuka Kota bandung.

Mungkin anda sudah sering mendengar istilah Angklung, namun sudahkah anda mencoba memainkannya? jika belum agendakan liburan anda untuk mengunjungi Saung Angklung Udjo di Bandung, yang merupakan tempat pertunjukan kesenian Jawabarat, di tempat ini kita dapat menyaksikan dan ikut memainkan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini.

Di tempat ini juga di produksi aneka kerajinan dari Bambu, terdapat juga workshop instrumen musik dari bambu, dan jika anda menginginkan oleh-oleh disini juga tersedia aneka souvenir berbahan baku bambu.

Sejarah Saung Angklung Udjo
Tempat Wisata Di Bandung Timur ini sesuai dengan namanya Saung Angklung Udjo,didirikan oleh budayawan sunda yang bernama Udjo Ngalagena bersama isterinya Uum Sumiati.Memiliki cita-cita memelihara serta mempertahankan alat musik tradisional khas sunda Angklung,serta didedikasikan sebagai salah satu tempat cagar budaya sunda di Jawa Barat.

Memiliki sebutan lain Saung Angklung Mang Udjo,tempat wisata di bandung ini adalah satu-satunya tempat yang bisa dikatakan sebagai pioneer sekaligus menjadi pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran memainkan Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu beserta dengan proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata.



Tempat Wisata Di Bandung mencatat,karena sejarah pendirian serta tujuan dari mendirikan saung angklung Udjo ini sebagai pusat pendidikan dan juga penelitian kebudayaan sunda khususnya Angklung,maka tempat ini mampu menarik minat banyak sekali wisatawan,baik wisatawan domestik apalagi Wisatawan Mancanegara.Hal itu bisa dibuktikan dengan selalu penuh serta ramenya saung Udjo Bandung setiap kali ada pementasan kesenian musik angklung di tempat ini.


Pertunjukan di Saung Angklung Udjo
Disini kita dapat menikmati pertujunkan seni, khususnya pertunjukan musik angklung yang dimainkan secara bersama-sama. Terkadang kita juga dapat menyaksikan pertunjukan musik angklung yang di kolaborasikan dengan alat musik modern seperti drum.


Selain pertunjukan musik angklung, digelar juga pertunjukan kesenian sunda lainnya seperti wayang golek dan tari topeng.

Pertunjukan reguler biasanya dilakukan pada sore hari mulai selama 1,5 jam pukul 15:30 hingga pukul 17:00





Saung Angklung Udjo 
Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, 
Cibeunying Kidul, 
Kota Bandung, Jawa Barat

Jam buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 - 20.00

Tiket Masuk 
Weekday Rp. 60.000,-/orang
Weekend Rp. 75.000,-/orang


0 komentar :

Post a comment

 
Top