Artikel kali ini akan membahasa tentang Laminasi. Laminasi secara bahasa adalah pelapisan pada lempeng tipis pada kedua sisinya. Dalam pembuatan undangan, laminasi adalah teknik melapisi kertas dengan bahan tertentu untuk menghasilkan corak yang ekslusif.

Tidak semua jenis kertas bisa dilaminasi. Pada umumnya jenis kertas dengan permukaan yang licin yang dapat dilaminasi. Contohnya seperti Kertas Ivory, ArtPaper, Mattpaper dan kertas sejenis yang memiliki permukaan yang licin.



Roll Plastik laminasi doffplastik lapisan laminasi doff glossyplastik lapisan laminasi glossy



Berbagai Macam Jenis Laminasi Dalam Percetakan.

Laminasi Doff:  Adalah laminasi yang memiliki karakter tidak mengkilap. Biasanya sering dipakai untuk laminasi undangan pernikahan. Juga sering dipakai untuk melaminasi Cover buku, Majalah dan Leafleat. Kertas cetakan yang sudah dilaminasi akan memiliki kesan yang sangat berbeda dibandingkan yang tidak dilaminasi doff. Kesan Ekslusif akan sangat tampak setelah dilaminasi doff.



Kartu Nama dengan Laminasi 
Doff. Tidak mengkilap, 
namun memberikan kesan ekslusif
kartu nama laminasi doff
Kartu Nama dengan Laminasi 
Doff. Kombinasi dengan finishing 
pond undangan laminasi doff
Kertas Hasil Laminasi Doff. 
Kesan Elegan yang sangat kuat


Laminasi Glossy: Adalah Laminasi yang memiliki karakter kebalikan dari laminasi doff, yaitu memiliki karakter Mengkilap. Selain mengkilap, kertas yang sudah dilaminasi akan memiliki permukaan yang licin. Laminasi Glossy ini sering dipakai untuk brosur, poster, leaflet. Biasa dipakai untuk cetakan non Undangan Penikahan.


                                                  Mengkilap dengan Laminasi Glossy. Juga biasa digunakan untuk
                                            laminasi brosur dan undangan pernikahan.

Laminasi Spot UV: Adalah laminasi yang memiliki karakter mengkilap. Coraknya hampir sama dengan Glossy. Hanya saja, Spot UVI tidak untuk melapisi semua permukaan kertas cetakan. Melainkan sebagian dari hasil cetakan. Misalnya: Sebuah undangan pernikahan terdapat foto prewedding. Kemudian keseluruhan permukaan undangan tersebut di laminasi doft. Dan khusus pada bagian foto prewedding–hanya area fotonya saja–mengkilap. Karena itu disebut Spot UVI.





Bagian yang tidak mengkilap 
adalah laminasi doff. Sedangkan 
pada teks adalah laminasi spot uvi. 
terlihat jelas sleksi yang dilakukan 
oleh spot uvi.
Gambar orang kekar dilapisi
laminasi spot uvi. 
Terlihat begitu menonjol gambar 
orang kekar ini undangan 
pernikahan spot uvi
Ornamen yang mengkilap, 
memberikan kesan berbeda. 
Sama hitam dengan warna 
dasarnya, Namun perbedaan 
ada pada doff dan spot uvi


Laminasi Window: Adalah laminasi untuk pembuatan jendela atau window. Karakternya juga memiliki karakter yang mengkilap. Biasanya untuk pembuatan kotak roti atau cake. Laminasi window ini dimaksudkan agar isi dari kotak terebut terlihat dari luar tanpa harus membuka kotak. Seperti pada kebanyakan kemasan roti, pada bagian atas kotak terdapat lubang yang dilapisi dengan plastik tipis.
desain kotak laminasi window


Contoh untuk laminasi window. 
Sebelum dilaminas window, 
kota ini telah melewati 
proses pond.
Window kotak diatas dengan laminasi Window. 
Juga sebelumnya telah melewari proses pond

Varnish UV: Sebenarnya ini tidak termasuk laminasi, karena prosesnya tidak benar-benar dibungkus dengan lapisan platik tipis seperti laminasi doft dan glossy. Namun corak dan karakternya adalah seperti glossy. Mengkilap dan licin. Akan tetapi Varnis UV ini tidak begitu melindungi hasil cetakan. Karena prosesnya hanya disemprot dangan cairan tertentu. Bagi yang awam tentang hal ini, biasanya tidak bisa membedakan antara varnish UV dan glossy. Padahal harga Varnis UV dan Glossy jauh berbeda. Lebih Mahal Laminasi Golssy.



Sebagai Referensi, Laminasi Doff lebih mahal dibanding dengan Laminasi Glossy.



0 komentar :

Post a comment

 
Top