Setiap orang pasti ingin menjadi yang terbaik, tak terkecuali para Mom. Mengingat betapa besar kasih sayangnya kepada putra-putrinya, seorang ibu ingin selalu memberikan segalanya yang terbaik. Adalah kasih sayang, salah satu yang terbaik dari yang terbaik yang pernah dan akan selalu ibu berikan pada sang buah hati.

Meskipun begitu masih ada banyak hal lainnya yang dapat Anda berikan dan lakukan buat sang buah hati supaya lebih maksimal dalam mempersembahkan segala yang terbaik. Dilansir dari situs WikiHow, terdapat delapan langkah yang bisa dilakukan dalam menjadi ibu terbaik:

1. Dukung apapun hobinya selagi itu positif
Setiap orang dibekali bakat atau keahlian yang berbeda-beda oleh Tuhan, tak terkecuali putra atau putri Anda. Mereka memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak lainnya, bahkan dengan Anda atau suami Anda sekalipun. Untuk itu, apapun yang ia senangi, selama masih positif, dukunglah dia. Buanglah jauh-jauh sikap pemaksaan yang Anda dan suami Anda mungkin pernah punya, karena itu bukan solusi yang tepat yang pernah ada.

2. Senantiasa bersabar
Mengandalkan emosi tak akan pernah membuat masalah selesai. Terkadang, orang terpancing emosi hanya karena ia tak mengetahui cara yang tepat atau alasan di balik suatu hal. Cobalah untuk tetap tenang dalam menghadapi si anak saat nakal. Berilah mereka pemahaman, mengapa sesuatu tersebut tak boleh dilakukan dan mengapa Anda tak ingin ia melakukannya.

3. Antusiaslah se-antusias si anak
Jika putra Anda suka musik, coba belikan dia instrument musik. Jika putri Anda tampak senang bergaya di depan cermin dengan baju-baju bagusnya, ajaklah ia ke mall dan tanyakan tentang fashion yang dia senangi. Cobalah untuk tertarik pada hal yang ia minati. Jangan pernah menertawakan apa yang ia lakukan, karena bagi beberapa anak hal itu bisa menurunkan rasa percaya dirinya.

4. Jadilah tempat sharing yang nyaman 
Jika tidak memiliki seseorang untuk berbagi cerita, seorang anak bisa menjadi sedikit merasa terkurung. Meskipun Anda telah memenuhi segala kebutuhannya, tapi Anda tidak bisa mendengarkan segala ceritanya, dia akan merasa sendiri. Cobalah untuk memahaminya dan menjadi pendengar yang baik. Biarkan dia menumpahkan isi hatinya, entah itu tentang sahabat atau bhakan kekasihnya, dan tentu saja membantunnya mengerjakan PR.

5. Ingatlah, orang tua juga tak selalu benar
Mengakui kesalahan dan meminta maaf memang sangat berat untuk dilakukan, apalagi dalam posisi sebagai orang tua. Seberat apapun, cobalah untuk melakukannya jika Anda ingin berhasil mendidik putra-putri Anda lebih bertanggung jawab. Setelah itu, coba jelaskan mengapa Anda melakukan kesalahan tersebut. Hal ini akan mengajarkan si anak untuk tidak takut salah, selama ia bisa bertanggung jawab.

6. Cintai dia lebih dari apapun
Setiap orang tua pasti melakukan hal ini. Namun, cara untuk mengungkapkan kasih sayang setiap ornag tua pstilah berbeda. Yang jelas, perlakukan dia dengan penuh perhatian dan kasih sayang serta pelajari cara yang tepat untuk mengungkapkannya. Jangan sampai perhatian Anda malah tidak sampai padanya hanya karena kesalahan dalam mengomunikasikannya.

Buat para wanita yang telah maupun akan menjadi seorang ibu, tak ada salahnya menerapkan tips-tips di atas untuk bisa menjadi ibu yang terbaik bagi sang buah hati. Jangan malu-malu untuk mengungkapkan kasih sayang. Dengan kasih dan sayang yang Anda berikan, putra-putri Anda juga pasti akan mencintai Anda


0 komentar :

Post a comment

 
Top