Orang-orang negatif alias beracun sering memperlambat langkah hidup dan menguras energi. Di samping kerap menciptakan stres dan kecemasan, hanya sedikit manfaat yang bisa kita ambil dari hubungan pertemanan yang kurang sehat. Apa yang harus dilakukan? 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi hubungan dengan teman yang beracun, melansir dari laman Huffington Post.

Jangan berbagi pikiran dengan mereka
Mengatakan pemikiran kita kepada orang yang negatif sama saja dengan menjerumuskan diri kita sendiri. Alih-alih mendapat dukungan yang positif, mereka malah menahan dan menghina ide atau gagasan Anda. 

Anda berhak merasa kesal
Agar masalah menjadi jelas, Anda berhak marah atau kesal jika ia menyinggung perasaan Anda dengan keterlaluan. Setelah mengungkapkan kekecewaan Anda, segera lepaskan amarah Anda. Ini akan memungkinkan Anda agar menjadi seseorang yang lebih lega. 

Buatlah batasan
Anda bisa saja tetap mempertahankan hubungan pertemanan dengan teman yang beracun secara perlahan sebelum melepaskannya, atau membatasi waktu-waktu yang Anda habiskan berdua. Batasan ini akan membuat Anda merasa nyaman tanpa perlu menguras energi dengan teman-teman yang negatif dalam hidup Anda.

Jangan Merasa Bersalah
Anda adalah orang yang baik dan Anda harus menjadi teman terbaik bagi Anda sendiri. Bahkan, Anda harus menjadi ibu yang baik bagi Anda sendiri. Anda tidak membuang teman Anda, Anda tidak meninggalkan teman Anda, Anda hanya melepaskan keadaan berat saat berteman, karena Anda ingin suatu perubahan positif. Merasa bersalah memang berat, maka dari itu lepaskanlah. 

Berikan diri Anda izin untuk melepaskan orang-orang beracun dalam hidup Anda. Baik dengan membiarkan mereka benar-benar pergi atau hanya membatasi interaksi Anda dengan mereka,


0 komentar :

Post a comment

 
Top