Google Drive adalah salah satu fasilitas google.co.id, layanan penyimpanan berbasis cloud computing disediakan untuk menyimpan dokumen-dokumen yang Anda miliki. Artinya dapat digunakan untuk membuat, membagi, mengolaborasikan dan menyimpan memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF. Andaikata laptop atau komputer Anda terkena virus, Anda tak perlu kebingungan jika sudah menyimpan data-data Anda di Google Drive, File yang Anda simpan masih ada dan tak akan hilang sedikitpun.

Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gigabite (GB) dan dapat digunakan gratis. Jika ingin memperbesar kapasitas sebesar 25GB sampai 1TB, pengguna dikenai biaya.

Layanan Google Drive  ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan mengaksesnya dari komputer, telepon, atau tablet, di mana pun Anda berada. Tidak hanya itu, pengguna yang mengalami gangguan penglihatan pun dapat mengakses Drive menggunakan alat pembaca layar (screen reader).

Untuk memulai Google Drive, pergi ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah Anda memiliki akses ke Drive, Anda siap untuk mulai menggunakan layanan ini. Kini Anda dapat mengelola seluruh drive dari desktop Anda dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya mudah, setelah Anda masuk drive.google.com, lihatlah sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah Anda mendownloadnya, perangkat Anda akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda buat akan tercermin dalam antarmuka Web, dan sebaliknya.

Selama Anda terkoneksi dengan Internet, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive , file Anda akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web Anda. Mudah bukan?
Selain itu ada beberapa fitur Google Drive yang harus Anda ketahui, fitur-fitur itu antara lain:
1. Dokumen bebas
Google memang memberikan Anda ruang penyimpanan 5 GB gratis, tetapi hebatnya setiap dokumen yang Anda buat dalam Drive terhitung gratis.
2. Upload hingga 30 jenis file
Google Drive mendukung penyimpanan dan tampilan 30 jenis file populer. Jadi, Anda dapat meng-upload sebuah film ke Drive dan memainkannya kembali dalam browser Anda, di mana pun Anda berada.
3. Berbagi file, folder, atau seluruh drive
Fitur ini adalah fitur berbagi sederhana yang dimiliki Google. Hanya dengan klik kanan pada sebuah file, pilih “share…” dan tentukan opsi dari share itu. Untuk memberikan akses ke seseorang untuk seluruh drive Anda, klik tombol dengan orang dan tanda plus di bagian atas.
4. Memanfaatkan Google Goggles
Dengan teknologi Goggle yang dibangun dalam Drive, Anda dapat mencari foto menggunakan bar pencarian. Demikian juga, Anda dapat mencari teks dalam dokumen yang dipindai. Setelah beberapa pengujian, fitur ini tidak benar-benar dapat diandalkan, tapi layak dicoba jika Anda memerlukan bantuan menemukan file atau foto.
5. Berkolaborasi pada video, foto, dan banyak lagi
Fitur kolaborasi dari Google Docs sekarang tersedia untuk semua jenis file. Misalnya, jika Anda meng-upload video ke Drive dan berbagi dengan orang lain, Anda akan dapat membahas video dengan alat komentar.
6. Instal aplikasi pihak ketiga
Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi yang bekerja secara lancar dengan Google Drive. Pixlr salah satunya yang memungkinkan Anda mengedit foto yang diunggah, HelloFax memungkinkan Anda mengirim faks bebas, dan DocuSign memungkinkan Anda menandatangani dokumen resmi, semua bisa diinstal dalam Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lebih banyak lagi, pergi ke Google Drive> Setting> Manage apps> Get more Apps.

0 komentar :

Post a Comment

 
Top