Para karyawan yang mengundurkan diri dengan anggun, umumnya akan memberikan dua minggu pemberitahuan, menulis surat pengunduran diri yang sopan, dan berterima-kasih kepada atasan atas kesempatan yang mereka miliki selama masa jabatan di perusahaan. Hal ini akan meninggalkan kesan positif, bonusnya lagi, Anda bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh referensi jika ingin bekerja di tempat yang baru. 

Inilah yang harus Anda lakukan, ketika mengundurkan diri dari pekerjaan Anda versi situs About:
  • Dokumen komputer. Sebelum Anda pergi, bersihkan file-file pribadi Anda di komputer serta email yang sudah diunduh. Pastikan Anda memiliki informasi kontak setiap orang yang Anda butuhkan di masa mendatang.
  • Pemberitahuan dua minggu sebelumnya. Berikan surat pengunduran diri minimal dua minggu sebelum Anda keluar dari kantor.
  • Tuliskan alasan mengapa Anda mengundurkan diri, entah itu pindah rumah, meneruskan pendidikan, dan lain-lain. 
  • Jangan memberi kesan negatif perusahaan lama. Ketika Anda sedang berbicara tentang pengunduran diri dengan rekan kerja, cobalah untuk menekankan kalimat yang positif dan berbicara tentang bagaimana perusahaan telah memberikan manfaat untuk Anda. Hindari untuk menjelek-jelekkan perusahaan karena Anda ingin pergi dengan kesan yang baik. 
  • Meminta referensi. Mintalah referensi dari atasan maupun rekan apakah mereka bersedia memberikan referensi pekerjaan untuk Anda. Jika mereka setuju, minta mereka untuk menulis rekomendasi LinkedIn serta email atau telepon. Anda akan memiliki referensi sebagai bagian dari profil LinkedIn Anda, yang sangat bagus untuk usaha mencari pekerjaan di masa depan.
  • Selamat tinggal. Sebelum pergi, luangkan waktu untuk mengirim pesan perpisahan pada rekan kerja dan biarkan mereka tahu bahwa Anda pindah ke alamat baru. Sangat disarankan mengirim pesan email perpisahan. Anda dapat memasukkan informasi kontak sehingga Anda dapat tetap berhubungan dengan rekan-rekan kerja di kantor lama.

Seperti yang ditulis dalam situs Wikihow, jangan mengumbar berita jika Anda akan mengundurkan diri kepada seluruh rekan. Biarkan hal itu tetap pribadi hingga saatnya harus berpamitan. 

Just be friendly. Berikan perusahaan Anda pemberitahuan yang diperlukan. Jika kontrak Anda mengharuskan Anda untuk memberikan pemberitahuan dua minggu, maka lakukan hal itu. Anda ingin menjaga hubungan yang baik dengan atasan, karena mungkin Anda membutuhkan referensi kerja dari atasan Anda di masa depan.

Time to say good bye..!

0 komentar :

Post a comment

 
Top