KETIKA Anda dan pasangan memutuskan untuk berpisah, jelas ini menjadi masalah berat. Bila tidak ditangani dengan baik keputusan itu dapat mempengaruhi mental anak. Untuk itu tugas Anda berdua memberitahu anak dengan bijaksana apa yang akan terjadi dalam perubahan hidupnya kelak. 

Lalu, bagaimana menyampaikannya tanpa emosi dan adil?Berikut ini caranya: 

Menyampaikan kabar berdua 
Sudah saatnya mengesampingkan permusuhan antara Anda dan pasangan. Anda berdua harus kompak menyampaikan kepada anak bahwa pernikahan akan berakhir. Buat rencana bagaimana akan menyampaikannya. Tunjukkan kepada anak, kedepannya Anda dan mantan pasangan nantinya dapat bekerjasama dan terus terlibat aktif dalam kehidupan anak-anak. 

Jangan saling menyalahkan 
Hindari mengkritik satu sama lain di depan anak sebab membahayakan emosional anak. Jadi sebagai orangtua adalah bertanggung jawab untuk memastikan anak tidak terlibat dalam konflik Anda dan pasangan. 

Jadi realistis 
Bicarakan tentang perceraian secara jujur dan realistis. Perlu diingat hindari berbagi banyak rincian penyebab perceraian. Pada saat yang sama pula jangan beri harapan palsu. Anak-anak harus tahu bahwa hidup mereka akan berubah setelah perceraian. Tetapi pada saat yang sama meyakinkan mereka selalu mendapatkan cinta dari kedua orang tua

Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top