Bagi yang tertarik dengan geologi atau sekadar ingin tahu tentang asal usul bumi beserta penghuninya di zaman dahulu kala, maka datanglah ke Museum Geologi yang terletak di Kota Kembang Bandung. Di sini kita bisa menemukan berbagai koleksi geologi dan pertambangan terlengkap di Indonesia yang gambarnya banyak kita temukan dalam buku pelajaran geografi dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

 Museum Geologi sebagai museum sejarah dan pendidikan, diresmikan 16 Mei 1929. Awalnya museum ini merupakan laboratorium yang memiliki beragam koleksi batuan, mineral, rneteorit, fosil, dan ar-tefak yang dikumpulkan sejak 1950-an Dari beberapa koleksi yang ada, koleksi unggulannya adalah fosil manusia purbahomo erectus, fosil gajah purba stegodon trigonocephalus dan replika fosil dinosaurus karnivora terbesar dan terganas, tyrannosaurus rex.


Selain bisa melihat berbagai jenis fosil, kita juga bisa mempelajari berbagai hal, seperti kapan dan bagaimana bumi terbentuk, sejarah kehidupan manusia dari masa ke masa, fenomena geologi Indonesia, serta hubungan geologi dengan kehidupan manusia. Makanya, selain untuk berekreasi, museum ini juga digunakan sebagai tempat pameran, penyuluhan, serta kegiatan riset, terutama bagi mahasiwa atau peneliti yang ingin meneliti lebih jauh tentang bumiLetaknya yang strategis di tengah kota dan mudah dijangkau, membuat museum ini banyak dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerahdalam dan luar kota. Mulai dari anak sekolah yang datang secara rombongan, sampai remaja dan orang tua sangat antusias untuk mengunjungi museum ini.

Oleh sebab itu, museum geologi ini tidak pernah sepi. Apalagi untuk bisa masuk ke museum ini, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun.Bagi pengunjung yang mau datang kesini, museum buka dari pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB (Senin-Kamis). Untuk hari Sabtu dan Minggu, museum lebih cepat tutup, yaitu pukul 13.00. Namun jangan pernah datang pada hari Jumat dan Hari Besar Nasional, karena Anda akan menemukan museum dalam keadaan tertutup.Jika tidak ingin pulang dengan kekecewaan, maka hendaknya datanglah ke museumini pada hari Senin- Kamis, karena pada hari ini Anda memilki waktu yang cukup panjang untuk bisa melihat semuakoleksi yahg ada di museum ini. Berada di museum geologi membuat kita seolah-olah hidup pada zaman purba.


Museum Geologi
Jalan Diponegoro no.57,
Cihaurgeulis, Kec.Coblong,
Kota Bandung
http://museum.bgl.esdm.go.id/

Jam Operasional :
Senin-kamis pukul 9.00 - 15.30
Sabtu-minggu pukul 9.00 - 13.30
Jumat dan Hari Libur Nasional - Tutup

0 komentar :

Post a comment

 
Top