Memasuki setengah hari bekerja, biasanya rasa mengantuk mulai menyerang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghalau rasa kantuk di kantor.
  • Buatlah jadwal tidur yang teratur, sehingga Anda mendapatkan waktu tidur cukup setiap harinya. Paksa diri Anda untuk mematuhi jadwal tidur tersebut, bahkan saat akhir pekan, agar nantinya akan terbiasa tidur dan bangun di waktu yang sama.
  • Atur waktu tidur sesuai dengan jadwal bekerja Anda. Jika Anda terpaksa bekerja di malam hari, atur gaya hidup Anda agar tetap bisa tidur sebanyak delapan jam sehari.
  • Pilih makan siang yang tidak terlalu berat atau kenyang. Makan siang yang kaya lemak, gula, dan karbohidrat akan membuat Anda cenderung merasa lelah dan mengantuk. Makanan yang mengandung gula tinggi hanya akan menaikkan kadar gula dalam darah dan hanya memberikan energi sementara.
  • Ambil waktu sekitar 20 menit untuk istirahat atau tidur sejenak. Dengan melakukan istirahat sebentar, Anda akan merasa lebih berenergi. Namun, jangan sampai Anda terus tidur lebih dari 20 menit, karena efeknya malah bertolak belakang, yaitu menjadi malas dan lebih mengantuk.
  • Minum satu cangkir kopi setelah makan siang atau saat Anda sudah merasa mengantuk. Jika Anda punya kesulitan tidur saat malam hari, kurangi konsumsi di siang hari menjadi setengah cangkir kopi saja.
  • Berjalanlah selama 10 menit agar sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan untuk melawan rasa kantuk. Olahraga ringan seperti ini bisa memiliki efek menyegarkan dan membuat mata jadi lebih terbuka.

Sumber : Kabar24

2 komentar :

  1. Boleh usul gan. Kalau saya ngantuk saya punya kebiasaan gosok gigi. Dijamin ilang deh ngantuknya kalau sudah gosok gigi...
    Siapin sikat dan pasta gigi aja gan. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. bisa di coba tuh.. thx sarannya..

      Delete

 
Top