Tangga Seratus merupakan sebuah objek wisata yang terletak di jalan Sutoyo Siswomiharjo kelurahan pasar baru Kota Sibolga Sumatera Utara. Wisata ini yang paling menonjol pada era peninggalan sejarah dari masa penjajahan Belanda. Walau wisata ini dikenal dengan nama Tanggo Saratus namun pada kenyataannya jumlah tangga yang berada di tangga seratus cuma berjumlah 293 anak tangga. Di dinding bukit sebelah barat terdapat anak tangga mulai dari kaki hingga ke puncak bukit.

Tangga Seratus merupakan peninggalan sejak zaman kolonial Belanda. Sebenarnya cukup banyak peninggalan-peninggalan sejenis, namun ukurannya kecil dan tidak terlalu terawat.  Untuk menelusuri objek wisata Tangga Seratus ini memang harus membutuhkan stamina yang baik. Tangga-tangga tersebut dibangun cukup terjal sehingga cukup melelahkan, meskipun disamping kanan dan kiri dari tangga tersebut terdapat sebuah besi yang berfungsi sebagai penopang tubuh ketika melintas objek wisata ini. Tangga ini memiliki panjang jalur sekitar 100 kilometer dan bahan untuk membuat tangga ini pun masih berupa semen yang agak kasar dan di plester.

Setelah menempuh 3/4 tangga naik, di sisi kanan tangga kita akan mendapati bangunan terbuat batu bata semacam tempat untuk duduk-duduk melihat pemandangan ke arah kota atau laut yang terlihat di bawah. Dari sini juga terdapat jalur alternatif untuk naik ke atas. Jalur ini cukup variatif, tidak anak tangga yang monoton tegak lurus ke atas, melainkan ada sedikit melingkar, datar dan naik bergantian diselingi jalur tanah hingga mencapai dataran di ujung atas tangga.


Apa saja yang bisa dinikmati di tempat ini? Sebelum direnovasi memang tidak terlalu banyak yang bisa dinikmati selain wujud aslinya. Kini, sudah jauh lebih baik. Pada beberapa level tinggi sudah ada pemberhentian (checkpoint) dengan tata yang nyaman untuk duduk santai dan memandang kota dan jauh ke laut lepas.




Taman Tangga Seratus
Jl. Sisingamangaraja No.25, Ps. Baru, 
Sibolga Kota, Kota Sibolga, 
Sumatera Utara 22513, Indonesia



0 komentar :

Post a comment

 
Top