Wakatobi adalah sebuah kepualauan yang berada di Propinsi Sulawesi Tenggara - Indonesia dan merupakan bagian dari kepulauan Bau-Bau. Wakatobi sebagai salah satu tempat wisata Indonesia yang mengunggulkan wisata pantai yang mempesona disertai dengan keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada didalamnya.

Pulau Kapota, Wakatobi masih asing bagi banyak orang di Indonesia. Perlahan tapi pasti, keindahan Pulau Kapota akan sejajar dengan Pulau-Pulau utama di Wakatobi seperti Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. 

Banyak pantai dan air laut yang masih jauh dari tercemar. Pasir putih yang sangat memberikan pengalaman dan sensasi bagi wisatawan tersebar mengelilingi Pulau Kapota. Ada beberapa keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya, yakni memiliki kelapa bercabang empat dan Danau yang dikelilingi tumbuhan mangrove, dimana letaknya berada di hutan adat.

Untuk menuju Pulau Kapota tentu harus menuju ke Pulau Wangi-Wangi Ibukota Kabupaten Wakatobi terlebih dahulu. Dari Wangi-Wangi, terdapat dermaga Kapota di Pasar Sentral dan Pasar Pagi Wanci (Wanci adalah Ibukota Kecamatan Wangi-Wangi). Kita akan terhipnotis karena di Dermaga Wanci-Kapota terdapat Gazebo yang mungil, dengan pemandangan alam yang cukup menarik perhatian para pengunjung.


Perjalanan dari Wanci-Kapota hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan transportasi tradisional yang cukup aman dan nyaman (Jonson). Dipastikan perjalanan tak akan terasa lama karena kita akan melewati “Surga Nyata Bawah Laut Wakatobi”.  Begitu sampai di Pulau Kapota, kita akan kagum dengan penataan kampungnya, pagar bambu yang berwarna dan rapi akan ditemukan di sepanjang jalan Kampung Pesona Wisata ini.

Pulau Kapota cocok untuk wisatawan yang senang bermain air di pantai dan berfoto selfie-selfie. Dipastikan sekali berkunjung ke Pulau Kapota, beribu-ribu kali kita meninggalkan jejak di sana.


Danau Tailaro Nto’oge termasuk salah satu objek wisata di Pulau Kapota.Kec. Wangi-wangi Selatan Kab. Wakatobi.  Tailaro Nto’oge dalam bahasa Kapota berarti danau besar (Tailaro artinya danau dan Nto'oge artinya besar). 


Salah satu keunggulan yang dimiliki obyek wisata ini adalah memiliki pemandangan yang indah dan di sekeliling danau ditumbuhi pohon mangrove yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk rekreasi dan bermainan di alam maupun penelitian. Danau ini juga merupakan satu-satunya danau terluas di Kepulauan Wakatobi dan memiliki berbagai macam ikan, baik ikan air tawar maupun ikan laut karena danau tersebut memiliki liang yang berhubungan dengan laut. 




Di lokasi obyek ini terdapat jalan jetti yang dapat digunakan pengunjung untuk jogging trek mengelilingi danau. Selain itu, juga terdapat fasilitas pendukung pariwisata seperti rest area atau gazebo tradisional berjumlah sekitar 10 unit beserta toiletnya masing-masing."




Bukan hanya itu, para pengunjung saat ini sudah mulai berwisata tirta karena di lokasi disediakan prasarana penunjang wisata tirta. Masyarakat lokal menyebutnya "Bebek-Bebek" karena bentuknya yang seperti bebek. 
   

0 komentar :

Post a comment

 
Top