Tak ada seorang pun yang pernah membayangkan bahwa diri mereka akan membesarkan anak seorang diri sebagai orangtua tunggal. Namun, ketika kenyataan itu harus terjadi, Anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.
Namun, apa pun faktor yang membuat Anda harus menjadi orangtua tunggal, ada tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat hari-hari dalam hidup Anda sebagai orangtua tunggal sedikit lebih baik. Berikut tips penting bagi Anda, single mom, :

1.  Butuh dukungan
Jangan takut untuk berkeluh-kesah pada teman dan keluarga Anda, mungkin saja mereka dapat membantu kegelisahan dan menghibur Anda. Ingatlah, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang mengalami situasi yang sama dengan Anda. Bersyukurlah masih ada orang-orang yang menyayangi Anda. Anda juga bisa mulai membina kembali hubungan pertemanan Anda.
2.  Percaya pada diri sendiri
Tidak dapat dimungkiri, Anda pasti akan kewalahan atau panik. Saat Anda mengalaminya, ambil napas dalam-dalam, dan hitung sampai 10. Kemudian, dengarkan musik yang menenangkan atau telepon teman-teman Anda dan bicarakan hal yang menyenangkan. "Ada jutaan orangtua tunggal lain di luar sana, sehingga Anda bisa mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak sendiri dan Anda dapat melalui semua ini," 
3.  Luangkan me time
Cari kegiatan yang Anda sukai dan atur jadwal untuk melakukannya, seperti berenang, menonton, atau berbelanja dengan teman, serta merawat diri di salon. Semua kegiatan menyenangkan ini tentu dapat membantu Anda merasa lebih segar. Hal tersebut juga membantu Anda untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri pasca-perceraian.
4.  Jangan membandingkan
Setiap orangtua memiliki masing-masing kelebihan. Jangan membandingkan diri Anda dengan ibu lain yang kehidupannya lebih sempurna bersama pasangannya. Fokuslah pada hidup Anda dan anak-anak Anda. Anda hanya perlu bekerja sedikit lebih keras dari orangtua lainnya untuk memenuhi kebutuhan Anda dan anak-anak. Tetaplah melakukan yang terbaik dengan cara Anda.
5.  Pisahkan masalah hubungan pribadi
Kendalikan perasaan Anda dengan mantan pasangan Anda. Jagalah sikap dan emosi Anda pada mantan sumai saat bersama anak-anak. Sulit bagi mereka untuk melihat kenyataan bahwa hubungan ibu dan ayah kandung mereka sudah tidak harmonis. Ketika Anda sulit mengendalikan emosi Anda dan pertengkaran yang terjadi, pikirkan kembali tentang hal yang terbaik untuk anak. Tidak ada salahnya mengendalikan perasaan Anda demi kebaikan Si Kecil.
6.  Berdandan
Kini saatnya Anda kembali memancarkan pesona Anda lagi. Berdandanlah lebih cantik agar Anda tampil lebih percaya diri. Gunakan warna-warna tertentu dalam make up Anda yang bisa memengaruhi suasana hati. Jadi, bongkar lemari pakaian Anda dan pilihlah kembali warna-warna cerah, seperti saat Anda belum menikah. Anda pun siap untuk kembali berkencan dengan seorang pria.
7.  Quality Time dengan Si Kecil
Buat daftar rencana penting yang akan Anda lakukan bersama Si Kecil setiap akhir pekan. Ingatlah, Anda masih memiliki anak yang bisa memperbaiki suasana hati Anda yang gundah. Habiskan waktu bersamanya selama 1 hari di akhir pekan, dan bangun quality time Anda



Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top