Ada hal-hal yang unik dari kota Yogyakarta. Salah satunya  sebuah masjid yang bergaya Kremlin, artinya masjid dengan arsitektur seperti yang ada di Kremlin, kawasan pusat pemerintahan Rusia di Moskow, ibukota Rusia.

Tak banyak orang luar Yogyakarta yang tahu, kalau di propinsi tersebut ada Masjid An Nurumi. Kalau diamati memang kubah-kubahnya mirip sekali dengan arsitektur gaya istana Saint Basil Cathedral yang di Kremlin, namun hanya kubahnya saja yang mengadapatasi kubah gaya moscow itu.


Masjid ini terletak di Jalan Solo Km 15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Terletak di di pinggir jalan raya, masjid ini tampak mencolok berkat kubah-kubah berwarna-warni dan bergaya arsitektur khas Rusia.

Masjid An Nurumi atau Masjid Kremlin ini memiliki desain arsitektur yang cukup unik. Kubah masjid ini mirip bangunan di Moscow, Rusia. Ada juga yang menyebut Masjid Kremlin dengan nama Masjid Permen karena kubahnya warna – warni mirip permen lolipop.

Masjid yang terletak di jalan penghubung Jogjakarta dengan Solo ini selalu ramai jamaah. Selain warga sekitar Candisari, Kalasan masjid ini juga menjadi jujugan para musafir. Aksesnya yang mudah dijangkau membuat masjid ini disinggahi. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi tujuan setiap orang yang penasaran. Bangunannya yang unik memang mengundang rasa penasaran.  Masjid ini memang ukurannya tak terlalu besar. Walaupun begitu ia telah banyak berjasa memberikan keteduhan bagi para pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.





Masjid An Nurumi
Jl. Yogya-Solo Km 15, Candisari, 
Kec.Kalasan, Kab.Sleman
Yogyakarta

2 komentar :

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir kesini... semoga bermanfaat.......

      Delete

 
Top