Tidak langkap rasanya ke Malang tanpa mengunjungi kota Batu. Kota Batu terkenal dengan apelnya yang disebut apel malang. Batu adalah kota yang berhawa dingin, lebih dingin dari Malang sendiri. Batu terletak di atas pegunungan sehingga cocok menjadi tujuan wisata alam.

Eco Green Park adalah wahana  yang berada di Kota Wisata Batu Jawa Timur, sekitar 30 km atau 45 menit dari kota Malang. Lokasinya tepat di sebelah Jatim Park 2, dengan luas sekitar 5 hektar, wahana ini dibangun untuk mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali.

Wahana yang bermotto Fun and Study ini berisi tentang ekosistem dan reptil yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsepnya memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga, terutama sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar tentang ekosistem. Banyak manfaat dan pengetahuan bisa didapatkan dari lokasi ini. Pengunjung diajarkan untuk sadar terhadap lingkungan dengan berbagai permainan yang unik dan sangat menyenangkan. Penataan taman wisata ini sungguh bagus, karena dibagi dalam beberapa zona, yang pasti dilalui satu persatu dari sejak awal pintu masuk sampai pintu keluar, berikut zonanya :

Zona Miniatur Candi-Candi Terkenal di Seluruh Jawa
Zona ini merupakan rute awal penjelajahan dengan latar belakang miniatur candi-candi terkenal di Jawa. Di antara replika candi dan kolam, terdapat persawahan berundak-undak yang ditanami tumbuhan-tumbuhan hijau. Memasuki pintu utama, pengunjung disuguhi instalasi daur ulang barang bekas berbentuk patung gajah dari televisi monitor, scanner, dan printer yang sangat mengagumkan. Sedangkan pada belalai terdiri dari telepon-telepon bekas. Ada juga patung sapi dari limbah mobil dan bola bekas.



Zona Insectarium
Di sini terdapat berbagai jenis serangga hidup atau yang sudah diawetkan. Uniknya, serangga-serangga tersebut disusun sedemikian rupa dalam sebuah pigura kaca atau aquarium kaca, sehingga membentuk karya seni yang indah. Terdapat pula lukisan kumbang raksasa yang disusun dari kumbang-kumbang kecil yang diawetkan.



Zona Walking Bird
Di area ini banyak dijumpai burung-burung semacam unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu, dan lain-lain. Burung-burung tersebut didatangkan dari berbagai kawasan di belahan dunia.


Zona Music Plaza
Yaitu area untuk duduk-duduk santai sambil menikmati bunyi-bunyian dan nyemil snack. Di tengah area ini terdapat kolam, ada  juga kafe dengan tampilan ala Holland. Anda bisa beristirahat sejenak sambil kuliner di sini.




Zona Jungle Adventure
Zona  “Jungle Adventure” lokasinya di sebelah kiri Music Plaza. Di dalam wahana ini, Anda akan dibawa keliling hutan buatan dengan menaiki kereta tanpa atap. Selain itu, setiap pengunjung masing-masing diberi sebuah pistol sensor dan berperan sebagai pelindung hutan yang membasmi pemburu dan penebang kayu liar. Setiap penebang kayu yang kita tembak akan langsung muncul score-nya di layar kecil di depan tempat duduk kita. Seru dan menarik kan?


Zona Animal Farm
Zona ini berisi hewan-hewan peternakan seperti sapi, kambing, ayam dan kerabatnya. Terdapat juga stan yang menjelaskan cara membuat campuran pakan ternak serta budidayanya.


Zona Hydroponic
Berisi tanaman-tanaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti stroberi, jamur, paprika, dan tomat. Yang menarik adalah adanya Rumah Jamur yang berisi berbagai jenis jamur dan cara pengembang-biakannya hingga pengolahan menjadi bahan pangan.


Zona Burung Kakak Tua Sedunia (World Parrots)
Di kanan kiri area ini terdapat sangkar dan kita dapat menyaksikan macam-macam burung kakak tua dari seluruh penjuru dunia. Burung jenis ini ternyata bervariasi di setiap kawasan dunia, dari putih, hitam, hijau, merah, kuning, biru, dan oranye.



Zona Kerajaan Bebek (Duck Kingdom)
Hampir sama dengan zona sebelumnya, bebek juga memiliki beragam jenis di seluruh negara.  Anda bisa menyaksikan beragam bebek di sini.

Zona Rumah Terbalik
Konsep wahana ini sangat unik karena terdapat sebuah rumah dengan kondisi terbalik, mulai dari bangunan hingga perabot yang ada di dalamnya. Sesuai namanya, saat menyusuri ruangan di dalamnya kita akan menjumpai kamar-kamar yang perabotannya terbalik semua, sehingga seolah-olah kita berjalan di langit-langit rumah ini.


Zona Water Track
Yang menyukai tantangan berjalan di atas balok-balok dengan posisi yang bervariasi di atas air kolam dapat mengikuti permainan water track ini. Intinya pengunjung diajak menginjakkan kakinya di batu tumpuan atau balok titian yang berliku-liku dan jika gagal bisa tercebur ke dalam kolam. Jadi siap-siap basah ya.

Zona Pasar Burung
Zona pasar burung ini adalah salah satu zona di Eco Green Park yang tidak pernah buka selamanya, kalau tidak percaya silahkan berkunjung ke sini setiap hari dan pandang papan di gerbangnya yang berbunyi “Pasar Boeroeng – Esok Boeka”. Nah jika hari ini ke sini, Pasar Burung bukanya selalu “ESOK”.



Dome Multimedia
Merupakan sebuah bangunan berbentuk kubah (dome). Di dalam dome tersebut kita akan menyaksikan film tentang Hanoman melawan kekuatan jahat. Layar yang digunakan adalah atap dari dome itu sendiri disertai dengan efek bergetar di lantai yang kita injak. Pengunjung diajak berputar-putar ketika adegan yang disajikan berpindah-pindah dari satu bagian atap dome ke bagian atap dome lainnya. Dilengkapi dengan tata suara yang cukup dahsyat pertunjukan ini cukup hebat mengingat cerita yang disajikan benar-benar cerita asli Indonesia. Durasi film tidak terlalu lama, sekitar 10 menit saja.

Eco Journey
Di sini Anda dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan kereta kapsul. Perjalanan ini menceritakan tentang bumi, mulai dari peradaban dinosaurus di masa lalu sampai dengan peradaban manusia modern sekarang secara lengkap. Dalam perjalanan kereta ini anak-anak juga diajarkan bagaimana untuk menjaga lingkungan bumi supaya tetap sehat.

Eco Science Center
Wahana ini baru saja diluncurkan pada awal 2013 untuk melengkapi kebutuhan pengunjung. Wahana ini disuguhkan dengan nuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional. Wahana yang terletak di belakang miniatur candi ini berisi tentang materi pembelajaran inti mulai dari pembelajaran budaya dengan miniatur 30 candi yang berasal dari Jawa-Bali. Di sini diberikan edukasi tentang bagaimana awal mula terbentuknya bumi, proses hidrologi, proses gunung berapi, hingga eksplorasi bumi seperti pertambangan batubara dan emas. Semuanya dipresentasikan lewat tampilan multimedia. Setelah melewati lorong tambang, pengunjung akan menemui sekumpulan materi edukasi terkait bencana dan fenomena alam. Mulai dari edukasi asal-usul hujan, bahkan merasakan gempa bumi 3-8 skala richter lewat simulator berbentuk sebuah rumah yang lengkap dengan ruang tamu, dapur, hingga merasakan simulasi angin topan berkekuatan 100 km/jam. Selain itu ada pula simulasi bagaimana terjadinya gelombang tsunami dan merasakan global warming hingga minus 18 derajat celcius.


 Jika Anda merasa lelah berjalan berkeliling, jangan khawatir. Anda bisa menyewa E-bike yang telah di sediakan. E-Bike ini bisa disewa dengan biaya Rp 100.000/3 jam.






Eco Green Park 
Jl. Oro-oro Ombo No. 9-A, Kota Batu-Malang
Telpon : +62 341 597777
Fax : +62 341 598877
Website : www.ecogreenpark.co.id

Jam Buka
10.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket :
Weekday (Senin – Jumat) Rp. 40.000,-
Weekend (Sabtu – Minggu) Rp. 60.000,


0 komentar :

Post a comment

 
Top