Memasuki kompleks TIM, langsung saja belok kanan dan gedung perpustakaan terletak di sudut kompleks, bersebelahan dengan Planetarium Jakarta dan Galeri Cipta II. Perpustakaan milik Pemprov DKI ini berkesan modern tampak dari bagian luar gedung dengan rancangan minimalis dan berpola abstrak. 

Perpustakaan ini diperuntukan bagi siapa saja. Ketika masuk hanya akan diminta KTP, tidak wajib menjadi anggota jika tidak ingin meminjam buku. Ingin menjadi anggota? Cukup berbekal fotokopi KTP dan foto 2x3 cm sebanyak 1 lembar, Anda bisa terdaftar untuk jangka waktu 1 tahun. Sebagai anggota, Anda bisa meminjam buku maksimum 2 buku,untuk periode 2 minggu. bisa diperpanjang. bagi pemilik KTP DKI Jakarta, jika terjadi keterlambatan pengembalian, tidak diberlakukan denda, agar tidak terlalu memberatkan anggota. Apabila ada anggota yang belum mengembalikan buku hingga batas waktu yang sudah ditentukan, pihak perpustakaan hanya memberi peringatan saja

Lantai dasar perpustakaan merupakan sebuah publik area yang bisa digunakan untuk pameran maupun menggelar acara yang berkaitan dengan kreativitas maupun hal-hal yang punya visi mengenai minat baca.
Disini tidak diperkenankan membawa tas dan segala jinjingan, jadi kita akan diberikan kunci loker dan tas plastik untuk membawa barang penting seperti handphone, dompet, dan lainnya. Makanan dan minuman juga tidak diperbolehkan.

Di lantai 1 terdapat perpustakaan untuk dewasa dan remaja. Koleksi buku yang beragam dari bidang ekonomi, politik, hubungan internasional hingga sastra dan filsafat yang berjumlah ribuan sering dijadikan referensi pengunjung yang mayoritas mahasiswa.Ada juga rak khusus yang memajang buku-buku braille, lho. Seluruh koleksi buku yang terdapat di perpustakaan ini, juga telah diatur sedemikian rupa dengan system komputerisasi berupa katalog online. Selain buku-buku konvensional, perpustakaan juga menyediakan fasilitas i-book dan i-jurnal.




Di lantai 2 merupaklan Perpustakaan dan layanan anak berada di lantai 2 Di bagian untuk anak inilah, pengunjung dapat menemukan berbagai buku cerita anak dan permainan yang cukup lengkap untuk anak-anak.Di Lantai 2 ini terbagi menjadi 3 area. Area membaca buku, area permainan soft motor skill, dan area bermain playground. Area membaca buku dipenuhi oleh beragam buku dari untuk bayi, balita hingga anak besar. Bukunya pun dari lokal hingga impor terbaru. Pengunjung diperbolehkan membaca sampai habis, dengan posisi duduk, tiduran, atau sambil mengejar anak-anak bermain. Lagi-lagi terlalu menyenangkan bisa membaca buku sebanyak ini.

Area membaca buku dipenuhi oleh beragam buku dari untuk bayi, balita hingga anak besar. Bukunya pun dari lokal hingga impor terbaru. Pengunjung diperbolehkan membaca sampai habis, dengan posisi duduk, tiduran, atau sambil mengejar anak-anak bermain. Lagi-lagi terlalu menyenangkan bisa membaca buku sebanyak ini.



Area soft motor skill, berisi permainan anak dengan beragam pilihan. Banyak sekali, bahkan beberapa masih dibungkus oleh plastik, sebagai stok permainan yang akan datang. Yang pasti ingatkan anak untuk selalu merapihkan mainan pada tempatnya jika sudah selesai. Pada area ini, lantai dilapisi oleh karpet karet, sehingga mereka bebas berguling atau main sambil duduk.




Area playground berada pada ruangan super luas, dengan kondisi ruangan yang semi indoor, sepertinya ventilasi campuran AC dan jendela biasa. Area ini diberikan atap kaca, akan terasa panas jika semakin siang. Sayangnya area ini rentan debu pembangunan gedung dari luar, hal ini menyebabkan anak-anak mudah bersin saat bermain. Permainannya tidak banyak tapi tetap seru (namun ada juga rak-rak permainan soft motor skill di dekat pintu area ini). Tersedia beberapa mobil-mobilan, dan sepeda yang dapat dimainkan dengan melewati rute-rute menarik. Maksimal umur anak diarea ini adalah 5 tahun. Setelah bermain hendaknya meletakkan mainannya di tempat terakhir pegang. Seluruh area disarankan membuka sepatu, agar nyaman gunakan kaos kaki. Tidak perlu khawatir mereka berteriak, karena area playground berada jauh di pojok. Yang perlu diperhatikan adalah anak-anak kecil tidak merobek buku yang ada.


sementara lantai 3 itu area buku referensi, buku-buku di sini tidak boleh dipinjam alias cuma boleh baca di tempat. Dari bacaan remaja-dewasa, berupa novel, majalah, sampai koran. Lumayan komplit karena koran-koran edisi sebelumnya kadang juga tersedia di sana. di lantai ini terdapat nursing room, ada 3 sofa yang disediakan buat ibu-ibu menyusui.  Ruangannya juga dingin, jadi ibunya nyaman, anaknya juga


Tapi siapapun boleh kok berkunjung ke perpustakaan ini, dan semua faslitas ini dapat dinikmati secara gratis walaupun kita bukan member perpustakaan. Perpustakaan ini mewajibkan  pengunjung buat mengembalikan buku yg telah dibaca di tempat yang telah ditentukan (DROP BOX) dan membereskan mainan. Jangan lupa untuk follow facebook atau akun instagram dari perpustakaan ini, karena terkadang ada info-info tentang acara yang sering diselenggarakan di akhir pekan, seperti mendongeng bersama. Asyik yaaaa! Alternatif liburan atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga yang menyenangkan!



Perpustakaan Umum DKI Jakarta
Alamat:
Taman Ismail Marzuki
(sebelah gedung Planetarium) 
Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng.

Jam Operasional :
Senin - Jumat, pukul 09.00 – 20.00 
Sabtu dari pukul 10.00 - 17.00 WIB.
(Hari libur nasional/cuti bersama tutup)

Tiket :
Gratis.

Website: www.bpadjakarta.net
Facebook: Jaklib Cikini
Instagram: @Jaklib_Cikini

0 komentar :

Post a comment

 
Top