Museum MH Thamrin berisikan barang peninggalan serta foto-foto sejarah perjuangan pahlawan nasional Muhammad Husni Thamrin. Letaknya di Jalan Kenari Dua, nomor 15, Jakarta Pusat.

Cukup sulit memang untuk menuju ke sana karena lokasinya berada di sebuah jalan kecil seberang ITC Kenari atau di belakang Rumah Sakit Ridwan Meuraksa. Hal ini membuat Museum tersebut tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, khususnya warga Jakarta.

Begitu masuk melewati gerbang museum, pengunjung akan disambut oleh patung MH Thamrin besar berwarna emas. Tingginya sekitar dua meter, berdiri kokoh di tengah halaman museum. Patung emas tersebut menghadap ke gerbang masuk, layaknya seorang pemilik rumah saat menyambut tamu yang hendak berkunjung atau menyambangi rumahnya.



Museum MH Thamrin dahulunya adalah tempat tinggal dari Muhammad Husni Thamrin sendiri yang sekarang berubah fungsi menjadi museum. Sekarang museum tersebut menjadi tempat yang bersejarah bagi masyarakat karena di dalamnya terdapat benda-benda milik MH.Thamrin,  entah itu pribdi atau milik bersama dalam arti milik keluarga dan benda yang beliau gunakan pada masanya.

Koleksi yang terdapat di dalam museum menambah daya tarik pengunjung, di antara nya: Foto-foto reproduksi tentang kiprah perjuangan Mohammad Husni Thamrin dan pergerakan nasional Indonesia, foto suasana kota Jakarta pada zaman Mohammad Husni Thamrin, lukisan tentang Mohammad Husni Thamrin, radio yang digunakan Mohammad Husni Thamrin, tempat pembaringan terakhir jenazah Mohammad Husni Thamrin, perabotan peninggalan Mohammad Husni Thamrin, serta buku-buku naskah tentang Mohammad Husni Thamrin dan pidata-pidatonya.


Keunikan museum itu dari benda-benda yang ada di dalamnya, karena benda tersebut sudah berada dalam museum dalam jangka waktu yang lama, bentuknya juga unik, walaupun tak banyak  ada warna nya namun benda tersebut tetap terlihat menarik di mata pengunjung dari segi estetikanya. Di museum MH.Thamrin masih menyimpan benda sejarah dengan baik, halaman depan museum yang kita bisa lihat terdapat patung MH.Thamrin dengan maksud yaitu untuk menyambut para tamu dalam berkunjung ke museum ini. Patung MH.Thamrin ini terlihat gagah dan tampak memegang buku, dahulunya MH.Thamrin setiap kali berpergian beliau membawa buku dan alat tulis tersebut. Untuk mencatatat hal-hal yang penting, dan tampak begitu gagah dengan arahan petunjuk dari tangan kanannya. Dari MH.Thamrin kita bisa belajar banyak arti pengorbanan dan menyambut kedatangan para tamu serta berpikiran kritis dan tegas dalam pembawaan serta pengarahan dalam menggambil keputusan.



Museum MH.Thamrin masih menampilkan pula ciri khas asli budaya Betawi karena corak yang masih terlihat bagus dan terawat. Dengan kekuatan warna hijau serta kuning yang melambangkan ciri khas Betawi dan ondel-ondel yang menambah kelengkapan kita mengenai budaya dan ciri khas Betawi.





Museum memiliki banyak manfaat bagi para pelajar selain melihat-lihat koleksinya, diantaranya: pelajar tidak hanya tahu melalui proses pembelajaran lewat sekolah saja, tetapi dengan ke museum pelajar akan dapat referensi visual secara langsung, pelajar juga bisa mengenal para pahlawan khususnya MH Thamrin, sehingga mereka dapat menghargai pahlawan yang berjasa pada masa lampau, dan belajar mengenal banyak hal lagi selain lewat sekolah dan buku pelajaran.


Sedangkan aktifitas yang sering dilakukan oleh museum adalah memberikan pelayanan informasi mengenai M. Husni Thamrin, melakukan penelitian tentang pergerakan Nasional, kemudian menyelenggarakan lomba-lomba bagi pelajar dan mahasiswa serta seminar, napak tilas dan pertunjukkan sandiwara tentang Mohammad Husni Thamrin dan pergerakan Nasional.




Museum MH Thamrin
Jl. Kenari II / 15, Jakarta Pusat.
Telp 390 9148, 390 3387.
Fax 392 3185.
Email: museummhthamrin@yahoo.co.id,



Jam Operasional

Selasa s/d Minggu 09.00 – 15.00.
Sabtu 09.00 – 13.00.


Tiket

Umum Rp. 3.000

0 komentar :

Post a comment

 
Top