Taman adalah sebuah tempat yang tertata dengan konsep yang dapat membuat pengunjungnya nyaman, serta biasanya ditumbuhi berbagai macam pohon dan bunga. Taman menjadi paru-paru kota yang bertugas menyerap polutan, karbondioksida dan memproduksi oksigen. Dari segi ekologis, taman memiliki peran ganda, yakni sebagai daerah resapan air yang berfungsi mengendalikan banjir, limpasan air laut (rob), konservasi air tanah, dan penurunan muka tanah.


Di Jakarta taman sudah cukup banyak. Hanya saja, taman khusus anak belum banyak. Salah satu taman yang layak dikunjungi dan dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu. adalah Taman Puring di Jakarta Selatan. Terletak di jalan Kyai Maja Taman Puring, Kelurahan Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi taman ini bersebelahan dengan Pasar Taman Puring dan berada di sekitar permukiman.

Taman Puring memang lebih dikenal dengan kawasan belanjanya, sehingga terkadang orang tidak sadar ada taman seluas kurang lebih 13.000 meter persergi ini. Dari penampilannya, harus diakui taman ini kurang menarik bagi warga untuk mengunjunginya. Sebab letaknya yang diapit oleh dua jalan besar dan volume kendaraan yang hilir mudik membuat polusi pada telinga,.

Namun, kelebihan taman yang terletak di Kecamatan Kebayoran Baru ini memiliki puluhan pohon besar nan rindang pada hampir seluruh tamannya. Hal tersebut tentunya sangat menyejukkan bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari kesumpekan dan kesemrawutan kota Jakarta. Taman Puring dilengkapi dengan sarana Jogging track, bangku taman, toilet, dan tempat bermain untuk anak-anak. 

Selain itu, terdapat dua buah permainan untuk anak-anak, sehingga cocok jika membawa serta putra-putri untuk sekedar bersantai atau pun berlarian di taman ini.Tapi sangat disayangkan taman ini jadi agak kotor karena sampah daun dari pepohonan, padahal kalau lebih bersih akan terasa lebih nyaman lagi,

Taman memang merupakan hal langka yang ditemukan di tengah himpitan beton-beton menjulang di Ibukota.Jadi, sudah semestinya untuk dijaga keberadaannya, karena kalau tidak ada kesadaran untuk menjaganya.

0 komentar :

Post a comment

 
Top