Bagi Ibu Bekerja menyeimbangkan kehidupan karier dan keluarga belum tentu mudah. Menjadi seorang ibu yang baik pasti dicita-citakan setiap wanita. Untuk Ibu bekerja, mungkin hal-hal ini bisa membantu ibu tetap bekerja tetapi juga bisa mendidik anak.

Ibu Bekerja Harus Pintar Mencuri Waktu
Seperti dilansir she knows, menurut pakar komunikasi keluarga Priscilla J. Dunstan, ibu bekerja harus pintar mencuri waktu. Misalnya saja saat menjemput anak sekolah, tibalah 20 menit sebelum sekolah bubar. Waktu 20 menit itu bisa Anda pakai untuk ‘me time’ seperti membaca majalah. Jika masih ada urusan pekerjaan, waktu tersebut juga cukup untuk menyelesaikan tugas Anda.

Jika Memungkinkan, Carilah Tempat Kerja yang Ramah Keluarga
Maksudnya disini adalah mencari tempat kerja yang memikirkan keadaan keluarga, contohnya : jam kerja yang fleksibel bagi orang tua bekerja khususnya perempuan, memberikan cuti hamil yang ideal, adanya tempat penitipan anak di tempat kerja dan tidak banyak perjalanan bisnis keluar kota/negeri. Dengan fleksibilitas dan pengertian yang diberikan oleh perusahaan tempat kerja, kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk keluarga.

Jadikan Waktu dengan Anak Sebagai Pertemuan yang Berkualitas
Sesingkat apapun kesempatan kita untuk berinteraksi dengan anak, berusahalah agar kesempatan tersebut tidak terbuang sia-sia. Yang bisa anda lakukan adalah menyapanya dengan hangat saat kita tiba di rumah, menanyakan kejadian atau pengalaman yang dialaminya selama kita tinggal, menjadi pendengar yang baik, berikan sentuhan fisik kepada anak seperti mengelus kepalanya, dan sisihkan juga waktu untuk membimbingnya belajar.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan yang Mengurus Anak Kita
Saat bekerja, kita biasa menitipkan anak kita kepada pengasuh, entah itu baby sitter, nenek ataupun sanak keluarga lainnya. Komunikasi yang baik sangat berpengaruh terhadap pelayanan kasih sayang sang pengasuh terhadap anak, visi dan misi dalam mendidik anak pun setidaknya akan dapat diterjemahkan oleh pengasuh itu sendiri.

Selain Komunikasi dengan Pengasuh, Tetap Melakukan Pengawasan Anak itu Perlu!
Penelitian menunjukkan bahwa anak yang bermasalah mayoritas berasal dari keluarga yang kurang mengawasi anaknya. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dimana anaknya, sedang bersama siapa dan berbuat apa.

Karir Perlu, tapi Keluarga juga Penting. Jadi Tentukan Prioritas
Sebagai wanita karier, Anda seharusnya bisa dengan bijak memisahkan, mana pekerjaan paling penting untuk segera diselesaikan. Jangan buang waktu. Segera selesaikan, dan bila ada waktu sisa, maksimalkan untuk keluarga.

Belajar Berkata Tidak, Waktu Lebih untuk Keluarga itu Penting
Ajakan teman-teman di kantor biasanya sering sangat menggoda, ke mal, ke klub malam, atau ke restoran kesenangan. Cobalah berkata tidak, dan pilihlah waktu lebih untuk keluarga.

Walau Bekerja, Janganlah Menggunakan Uang Sebagai Pengganti Waktu ataupun Kasih Sayang kita
Sebagai orang tua, janganlah menggunakan uang sebagai pengganti waktu ataupun kasih sayang kita. Bekali anak dengan pemikiran sesuatu yang diperoleh melalui bekerja akan terasa lebih bernilai.

Sebelum Berangkat Kerja, Persiapkan Segala Sesuatunya
Ibu bekerja harus selalu siap untuk skenario buruk yang mungkin terjadi.  Misalnya saja saat sarapan, anak Anda tiba-tiba menumpahkan susu, padahal yang Anda punya untuk sarapan hanya sekotak sereal. Selalu persiapkan segala sesuatunya. Jadi jika kondisi tersebut terjadi, Anda masih punya makanan lainnya untuk jadi sarapan anak.

Lebih Menghemat Waktu Dalam Urusan Menyiapkan Makanan Untuk Keluarga
Selalu Siapkan 1 Makanan Untuk 2. Misalnya saja Anda membuat sayur cap cay, jangan hanya membuatnya untuk satu kali makan. Siapkan untuk dua kali makan, makanan yang belum dimakan, bekukan di kulkas. Dengan melakukan hal tersebut, Anda menjadi lebih menghemat waktu dalam urusan menyiapkan makanan untuk keluarga.

Mengajari Anak Mandiri, Sekaligus Membantu Orang tuanya
ini tergantung dari usia anak Anda. Anak bisa dimintai bantuannya saat dia mulai berusia sekolah. Ajaklah dia berpartisipasi saat Anda menyiapkan sarapan. Minta dia untuk menyiapkan bekal makanan untuk dirinya sendiri. Dengan cara ini, waktu Anda di pagi hari menjadi tidak terlalu sibuk.

Siapkan Baju Kerja yang Akan Dipakai Untuk Seminggu
Setiap Hari Minggu, pilih baju mana saja yang akan pakai selama seminggu ke depan. Untuk yang sudah memiliki anak, siapkan juga bajunya selama sepekan. Melakukan hal ini mengurangi pemborosan waktu yang biasanya Anda lakukan setiap hari saat berdiri di depan lemari dan memilih baju.

Kesehatan Merupakan Hal mutlak yang Perlu Dijaga. Jangan Lupa bersikap Rileks Juga
Sebagai wanita karier dan ibu di rumah tangga, pastilah banyak pekerjaan yang akan menyita waktu. Untuk itu, kesehatan merupakan hal mutlak yang perlu dijaga. Makan makanan bergizi dan olahraga sejenak
akan jadi solusi. Selain itu, bermeditasi atau santai sendirian sejenak, juga bisa melepas stres untuk meredam emosi.



0 komentar :

Post a comment

 
Top