KEBERSAMAAN di antara ibu dan anak tidak hanya bisa diciptakan melalui aktivitas bersama tapi juga melalui kata-kata. Ada beberapa kalimat yang ternyata bisa membuat anak merasa makin dekat dengan orangtua.

Lantas, kalimat apa sajakah itu? Mengutip dari Idiva,  berikut  kalimat yang wajib dikatakan seorang ibu pada anaknya. Ucapkanlah kalimat ini sekarang juga.

“Ibu tahu apa yang kamu rasakan.”
Ketika anak merasa kecewa atau marah, hiburlah dengan mengatakan Anda memahami bagaimana perasaannya.

“Ibu selalu ada untukmu.”
Kalimat ini meyakinkan si kecil akan keberadaan ibunya sekaligus membuatnya merasa aman.

“Tolong.”
Mengatakan kata tolong pada anak adalah kebiasaan yang baik sehingga mereka akan belajar untuk mengucapkan kata emas ini dengan sendirinya.

“Apa kau mau bercerita pada ibu?”
Ketika anak merasa kecewa atau marah, ajaklah untuk membicarakan masalahnya. Dengan pendengar yang sabar, anak akan memercayakan rahasianya pada Anda.

“Terima kasih.”
Ucapan sederhana ini dapat membuat anak merasa dihargai. Kata ini juga mengajarkan anak untuk bersyukur dan berlaku sopan.

“Maafkan ibu.”
Mengatakan maaf pada anak bukan tindakan yang salah. Faktanya, mengakui kesalahan adalah hal yang bagus. Jika Anda ingin mendidik anak untuk terbiasa meminta maaf, mulailah dengan diri Anda sendiri.

Kamu bisa melakukannya.”
Mengatakan kalimat ini bisa membuatnya yakin pada kemampuan diri dan membantu anak mencapai tujuan.

“Ibu percaya padamu.”
Kebanyakan anak-anak merasa tidak dipercaya orang-orang sekitarnya, sehingga tugas orangtualah untuk menjadi orang pertama yang percaya pada si kecil.

“Bagaimana menurutmu?”
Ketika Anda menanyakan pendapat anak, dia akan merasa penting. Hal ini juga meningkatkan keterampilannya dalam berpikir kritis.

“Kamu sudah melakukan yang terbaik.”
Sedikit pujian dapat membangkitkan semangatnya ketika mengalami kegagalan, Kalimat ini juga memotivasinya untuk terus melakukan yang terbaik.

“Ibu bangga padamu.”
Tidak peduli apakah anak Anda mampu atau tidak untuk melakukan sesuatu, mengatakan bahwa Anda bangga padanya akan ikut membuatnya bangga pada diri sendiri. Dia bahkan bisa melalui kegagalan tanpa penyesalan.


0 komentar :

Post a comment

 
Top