SARAPAN sangatlah penting. Porsi sarapan yang dianjurkan bahkan lebih besar daripada porsi makan malam Anda. Energi dan nutrisi penting yang tubuh Anda butuhkan untuk mengisi hari harus didapatkan dengan sarapan.

Itulah mengapa kebiasaan sarapan yang salah dapat berdampak banyak. Mulai dari berat badan, suasana hati, ingatan, kecerdasan, hingga kondisi hormon dapat kacau bila Anda tidak sarapan. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Boldsky.

Otak

Pusat kecerdasan di otak Anda memerlukan sarapan untuk berfungsi dengan baik. Studi terbaru melaporkan bahwa murid yang sarapan cenderung menangkap pelajaran dengan baik, daripada murid yang tidak sarapan.

Energi

Mereka yang makan sarapan sehat akan mendapat kadar energi yang baik di siang hari, dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Mengingat pencernaan Anda kosong lebih lama setelah mencerna makan malam, Anda wajib mengisi bahan bakar baru di pagi hari.

Obesitas

Bila Anda tidak biasa sarapan, maka risiko obesitas Anda akan meningkat karena Anda akan cenderung makan lebih banyak di siang hari. Saat obesitas dialami oleh Anda, penyakit lain mengintai dari dalam. Sebut saja obesitas, penyakit jantung, hingga kesuburan.

Sakit kepala

Saat kadar gula darah dalam tubuh Anda rendah, Anda bisa mengalami gejala sakit kepala dan kelemahan. Sarapan tepat waktu bisa mengurangi kesempatan Anda untuk menderita gejala tidak menyenangkan tersebut.

Suasana hati

Saat Anda lapar, Anda akan mudah merasa gelisah dan pikiran kacau. Dengan sarapan, Anda bisa memulai hari dengan lebih santai dan tenang. Suasana hati Anda saat menghadapi orang lain dan pekerjaan juga akan menjadi lebih baik.

Ketidakteraturan haid

Sebuah studi mengklaim bahwa wanita yang biasa melewatkan waktu sarapan memiliki risiko tinggi untuk menemui masalah ketidakteraturan haid.


0 komentar :

Post a comment

 
Top