Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta memiliki sejarah panjang. Ya, dalam perjalanannya para personil harus siap sedia mengorbankan jiwa dan raga untuk menyelamatkan mereka yang tertimpa musibah kebakaran. 

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hal-hal berkaitan dengan pemadam kebakaran, saat ini sudah berdiri Museum Pemadam Kebakaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Museum bernilai edukatif ini  banyak dikunjungi warga, terutama saat hari libur. Tidak sedikit pengunjung yang membawa serta putra-putrinya, mengunjungi Pos Pemadam Kebakaran untuk melihat lebih dekat kendaraan-kendaraan taktis yang ada.






Sejumlah koleksi museum diantaranya, prasasti persembahan warga Kampung Melayu atas dedikasi petugas pemadam kebakaran pada tahun 1929, lonceng pemadam kebakaran pertama yang digunakan pada tahun 1920. Selanjutnya, baju pemadam tahan api yang terbuat dari asbes pada tahun 1977, HT generasi pertama tahun 1970, Artefak Dinas Kebakaran tahun 1974 dan 1969, helm operasional petugas dari tahun 1950 serta beberapa piagam dan foto tentang sejarah pemadam kebakaran dari tahun 1920 hingga 1970. Museum Pemadam Kebakaran pertama di Indonesia ini juga dilengkapi dengan ruangan audio visual yang berada di lantai 2 museum.


Di Pos Pemadam Kebakaran TMII terdapat 1 unit mobil pompa, 2 unit mobil respon, 1 unit mobil rescue, 3 pompa portable serta 1 unit motor pemadam reaksi cepat. Sementara, sebanyak 6 orang petugas Damkar dan Penyelematan bekerja terbagi menjadi 2 regu. 






0 komentar :

Post a comment

 
Top