Akhir pekan sering dihabiskan untuk beristirahat. Beberapa orang memanfaatkannya untuk pergi liburan namun sebagian lagi memilih menghabiskan waktu tidur di rumah. Hindari terlalu banyak tidur saat hari libur karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut lima masalah yang bisa terjadi pada tubuh Anda karena terlalu banyak tidur, seperti dikutip dari Female First.

1. Mengurangi Daya Ingat
The Journal of the American Geriatrics Society menemukan bahwa orang yang terlalu banyak tidur akan memengaruhi daya ingat mereka. Usia ingatan mereka dua tahun lebih tua karena tidur berlebihan dari waktu yang disarankan. Kualitas tidur yang didapatkan bukan semakin baik tapi malah bisa memburuk.

Ketika butuh waktu beristirahat di akhir pekan, tidak harus dihabiskan dengan tidur seharian di rumah. Namun dapat dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan yang juga membantu menyegarkan tubuh serta pikiran seperti berlibur bersama pasangan atau olahraga.

2. Stroke
Berdasarkan studi yang dilakukan di Cambridge, para peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering menghabiskan waktunya untuk tidur 46% lebih berisiko mengalami stroke. Namun bukan berarti penyebab stroke hanya karena tidur berlebihan. Faktor gaya hidup dan pola makan tentu juga menjadi penyebab utamanya.

3. Mudah Stres
Kebanyakan tidur bisa membuat Anda mudah stres hingga depresi. The Centres for Disease Control mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki waktu tidur berlebihan akan mengalami kesehatan mental lebih buruk. Tekanan mental tersebut bisa mengakibatkan depresi. Orang yang sering bangun kesiangan biasanya akan memiliki disorientasi pikiran. Jadi tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami amnesia sementara seperti saat baru bangun dari tidur yang panjang.

4. Diabetes
Mereka yang memiliki waktu tidur lebih dari delapan jam sehari bisa menyebabkan kadar glukosa meningkat. Selain makanan, faktor tidur berlebihan juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Oleh karena itu, Anda dianjurkan memiliki waktu tidur yang cukup yaitu delapan jam setiap hari tidak lebih maupun kurang.

5. Sakit Kepala
Pernah mengalami sakit kepala setelah bangun tidur dalam waktu yang lama? Ini sering dialami oleh banyak orang. Hal tersebut disebabkan oleh neurotransmitters dalam otak. Menurut Worst Foods That Ruin Your Sleep, orang-orang yang banyak tidur di siang hari sering menderita sakit kepala, kecemasan, mudah gelisah, dan tidak nafsu makan.

Para peneliti menyarankan agar Anda mempunyai waktu tidur yang cukup. Waktu yang normal sekitar tujuh hingga delapan jam sedangkan tidur yang berlebihan lewat dari sembilan jam per hari. Sementara Anda dikatakan tidak cukup beristirahat bila tidur kurang dari enam jam. Berusahalah menyesuaikan waktu tidur mulai sekarang. Hindari tidur kurang dari enam jam dan lewat dari sembilan jam karena akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda.


0 komentar :

Post a comment

 
Top