Daging merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Kadang kita menjadi kecewa bila daging yang sudah direbus ternyata tidak menjadi empuk. Tips sederhana berikut akan membantu anda untuk memperoleh daging yang empuk dan siap dimasak menjadi berbagai jenis olahan.

Ada beberapa tips agar daging cepat empuk yang dapat anda terapkan :

  1. Saat mencuci daging, jangan terlalu lama merendam di dalam air, karena hal ini membuat daging berwarna pucat dan hambar, selain itu, terlalu lama merendam daging juga membuat daging menjadi keras.
  2. Saat memotong daging, jangan memotong mengikuti seratnya, tetapi potonglah berlawanan dengan arah ruas atau serat daging. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan menghambat bersatunya serat saat terkena air panas. Potong-potong daging mentah, sesuaikan ukurannya dengan masakan apa yang akan anda buat, misalnya rendang, gulai, sop dan sebagainya. Setelah itu rebus terlebih dahulu hingga matang tanpa di beri bumbui dulu. Masukkan daging dalam panci dan isi air hingga daging sepenuhnya tenggelam, rebus daging dengan api kecil hingga air mendidih, biarkan terus hingga air rebusannya menjadi berkurang dan daging menjadi matang dan empuk. Angkat, tiriskan. Nah, kemudian daging baru diolah dan dibumbui seperti biasanya.
  3. Daun pepaya juga dapat digunakan agar daging cepat empuk, caranya bersihkan daging, biarkan utuh kemudian bungkus daging dengan daun pepaya. Tusuk-tusuk daging dengan merata menggunakan ujung garpu atau pisau lalu diamkan sekitar 20-30 menit. Buang bungkus daun pepaya, dan daging siap diolah seperti biasa.
  4. Menggunakan buah nanas untuk mengempukkan daging. Potong-potong daging mentah, sesuaikan dengan masakan yang akan anda buat. Lumuri potongan daging dengan buah nanas yang sudah diparut. Diamkan sekitar 10 menit dalam lemari pendingin. Cuci bersih lalu olah daging seperti biasanya.
  5. Gunakan panci presto untuk merebus daging, tanpa ditambah atau dilumuri apapun. Masukkan daging pada panci presto lalu rebus dengan air secukupnya.


Memang, cara di atas perlu anda coba-coba dan sesuaikan sendiri agar hasil nya sesuai dengan keinginan anda. Sebab belum tentu daging yang terlalu empuk cocok dengan selera anda atau masakan yang akan anda siapkan.

Semoga bermanfaat ya 

0 komentar :

Post a comment

 
Top