Sepertinya tidak banyak warga Jakarta yang mengetahui keberadaan Taman Langsat, sebuah paru-paru kota yang berada tidak jauh dari Jalan Barito, Jakarta Selatan. Taman ini mempunyai luas 3,6 hektar namun plang nama jalannya sulit untuk ditemukan. Untuk dapat menemukannya,  Taman Langsat ini terletak tepat di belakang Pasar Burung Barito (tepatnya di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan).




Lokasinya mudah dicapai dari terminal blok M maupun Pasar Mayestik. Pada awalnya Taman Langsat merupakan tempat penampungan bibit tanaman, namun pada saat ini telah ditingkatkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan dan beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan untuk umum. Kalau mau mengajak anak-anak ke Taman Langsat ini, sebaiknya datang pada pagi hari supaya mereka masih sempat mendengar cicit burung dan menghirup sejuknya udara pagi di dari rindangnya pepohonan.

O iya, jangan lupa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah karena tidak ada pedagang jajanan sarapan pagi disekitar taman. Anak-anak pasti akan lebih bersemangat menyantap sarapan pagi yang disajikan seperti sedang piknik di taman ini (lengkap dengan tiker, keranjang makanan dan minuman). Setelah bersantai dan berolahraga di Taman Langsat, anak-anak juga bisa kita ajak untuk melihat-lihat berbagai binatang yang dijual di Pasar Burung Barito (tepat di samping Taman Langsat) mulai dari burung, kelinci, kukang, igunana dan lain sebagainya. 


Fasilitas di Taman Langsat :
  • Jogging track sepanjang 750 meter dengsn lintasan selebar 2 meter dan turun naik seperti di perbukitan.
  • Kolam Teratai & Aliran Sungai
  • Arena permainan anak (Ayunan & Perosotan)
  • Danau dengan Taman Teratai di tengahnya.
  • Rencana di tahun mendatang, di Taman Langsat ini akan segera dibangun sebagai Taman Lansia (Lanjut Usia) dengan fasilitas yang khusus dibuat untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut.
  • Tempat pembudidayaan Pohon Palem Raja (yang digunakan sebagai penunjuk arah pada jalan-jalan protocol Ibu Kota dan Istana Negara)

0 komentar :

Post a comment

 
Top