Jika anda tertarik dengan sejarah seputar perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, maka Museum Joang 45 adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Museum yang terletak di dalam Gedung Joang '45, Jl. Menteng Raya 31, Jakarta ini menyimpan sejumlah catatan sejarah mengenai berbagai peristiwa menjelang kemerdekaan RI. Gedung Joang 45 awalnya merupakan bangunan Schomper Hotel yang dibangun sekitar tahun 1920-1938, yang dikelola oleh L.C. Schomper, seorang warga keturunan belanda.

Ketika pendudukan Jepang, hotel ini diambil alih oleh Ganseikanbu Sendenbu (Departemen Propaganda) dan kemudian dikenal sebagai Gedung Menteng 31. Gedung ini menjadi markas program pendidikan politik yang diadakan bagi sejumlah tokoh pemuda yang berperan di era kemerdekaan, antara lain Sukarni, Chaerul Saleh, A.M Hanafi dan Adam Malik. Mereka lebih dikenal sebagai 'Pemoeda Menteng 31', yang menjadi aktor dibalik penculikan Soekarno, Hatta dan Fatmawati ke Rengasdengklok sehari sebelum kemerdekaan. Tokoh-tokoh pemuda tersebut dibina oleh Soekarno, Hatta, Moh. Yamin, Sunaryo dan Achmad Subarjo.

Di museum ini dipamerkan sejumlah lukisan tentang peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan RI. Terdapat pula beberapa diorama, antara lain yang menggambarkan suasana Gedung Menteng 31 pada masa kemerdekaan dan orasi Soekarno dalam Rapat Besar di Lapangan IKADA pada 19 September 1945. Ada pula arsip dokumentasi berupa foto-foto dan patung dada dari para tokoh pergerakan kemerdekaan. Koleksi lainnya yang terdapat di museum ini adalah tiga kendaraan kepresidenan yang digunakan Presiden dan Wakil Presiden pertama RI.

Selain dokumentasi sejarah, Museum Joang 45 dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain :
1.Bioskop Joang 45 yang memberikan beragam penayangan film-film dokumenter di masa lampau yang menggugah dan menggelora
2.Ruangan pameran tetap dan temporer
3.Perpustakaan dengan koleksi beragam referensi sejarah ilmiah
4.Ruangan khusus untuk menyalurkan beragam kreatifitas anak-anak semisal mewarnai, puzzle, permainan knock-down dan lainnya
5.Souvenir shop
6.Foto studio yang menyediakan kostum para pejuang yang bisa dikenakan oleh para pengunjung




Museum JOANG 45
Jl. Menteng Raya 31, Jakarta.
Telp. 021-3909148

Jam kunjung: 
Selasa – Minggu jam 09.00 – 15.00. 
Hari Senin tutup.

Tiket:
Dewasa : Rp. 5.000
Anak-anak : Rp. 2.000

0 komentar :

Post a Comment

 
Top