Badoo.com adalah jejaring sosial yang baru diluncurkan di AS pada Maret 2012, sedangkan di negara lain sudah beberapa tahun lalu. Perusahaan pembuat jejaring sosial ini telah berdiri sejak tahun 2006, tetapi kepopuleran Badoo sempat dikalahkan Facebook. Sebelum peluncuran resmi di AS, pengguna Badoo di AS sudah berjumlah 6 juta orang. Setelah peluncuran, pengguna di AS bertambah menjadi 8 juta orang. 

Selain melalui dekstop, pengguna Badoo versi mobile juga cukup besar. Sejak November tahun 2011, pengguna Badoo versi mobile naik 100 persen dan pendapatan mobile meningkat dua kali lipat dari platform desktop. 

Apa yang menarik dari Badoo? Jessica Powell selaku Chief Marketing Officer Badoo mengatakan, sejak awal jejaring sosial ini tidak dibangun untuk menjadi kompetitor Facebook. Badoo memiliki konsep yang berbeda, yakni seperti layanan online dating yang mempertemukan orang berdasarkan popularitasnya.

Setelah menggunakan Badoo, pengguna bisa melihat anggota lain di wilayah yang sama, chatting dengan mereka, atau hanya mem-follow mereka dan menambahkan ke favorit di profil. Badoo juga bisa digunakan untuk merencanakan pertemuan, baik privat maupun umum. 

Saat ini Badoo sudah tersedia untuk 180 negara dalam 40 bahasa. Maka, jaringan Badoo sudah semakin luas dan memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan orang lain dari belahan dunia yang berbeda. 

Badoo memungkinkan pengguna untuk login menggunakan akun Facebook dan memposting foto-foto yang sudah diposting lebih dulu ke Facebook. Pengguna juga bisa memilih bahasa yang dipahami berdasarkan pilihan yang ada ketika melengkapi profilnya.

Setelah melengkapi profil, Badoo akan merekomendasikan teman-teman yang paling dekat dengan Anda, misalnya yang berada dalam satu kota. Anda akan bisa mengirimkan dan menerima pesan dari orang-orang yang ingin berkenalan dengan Anda, baik laki-laki maupun perempuan.

Anda bisa melakukan 'Add Friend' seperti Facebook atau hanya saling berkirim pesan melalui fitur message dan chat, lalu melanjutkan pertemuan di dunia nyata. Di sebelah kanan profil Anda akan ada daftar teman yang ingin bertemu Anda dan ingin Anda temui, juga daftar orang yang mengunjungi profil Anda, daftar teman-teman yang anda tambahkan, daftar teman favorit, dan daftar orang-orang yang menambahkan Anda di profilnya sebagai teman favorit.

Bagi penyuka hal-hal baru di jejaring sosial, Badoo.com bisa menjadi tempat untuk bereksplorasi selain jejaring sosial lain yang sudah terkenal, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn


Sumber : Tekno Kompas

0 komentar :

Post a comment

 
Top