Sebenarnya, ini film lama, tapi baru kemarin ingin menontonnya kembali. Lama dong nyari-nyari film ini di deretan koleksi film yang aku punya, maklum lah  ternyata ini film produksi tahun 1998.

Menonton film lama itu ada asyiknya. Film adalah karya yang menunjukkan masanya. Film memberi kita informasi seperti apa masa lalu, seperti apa masa saat film itu dibuat. Dan film lama membuat kita bercermin: bagaimana dulu, bagaimana sekarang.

You’ve Got Mail bercerita tentang dua orang, laki-laki dan perempuan, yang membangun pertemanan di dunia maya melalui surat elektronik. Keduanya saling bertukar kisah kehidupan kesehariannya, tapi tak saling mengenal. Diam-diam, kedua orang ini saling jatuh cinta lewat surat-surat elektronik yang  mereka kirimkan. Tapi, jatuh cinta pada orang yang kita tidak tahu siapa,  bukankah itu gila?

Cerita tidak berhenti sampai disitu. Nasib mempertemukan mereka di dunia nyata. Namun sayang, bukan pertemuan yang menyenangkan. Bertemu sebagai orang-orang yang bersaing dalam bisnis penjualan buku membuat mereka terlibat dalam perang. Dan mereka saling bermusuhan, di dunia nyata. Sekaligus saling mengagumi, di dunia maya. Saling kenal, tapi tak saling tahu. Mengapa seseorang yang sama bisa memiliki impresi berbeda didua dunia, dunia nyata dan dunia maya?

Tahun 1998, walaupun belum secanggih sekarang, internet tentu saja sudah marak di Amerika. Film ini menjadi penanda bahwa teknologi internet mengubah gaya interaksi manusia, termasuk dalam hal cinta. Dalam dunia konvensional, kita jatuh cinta pada orang-orang yang kita kenal secara literal, kita lihat wajahnya, kita dengar suaranya, dan tersentuh oleh perilakunya. Namun ternyata, kita juga bisa jatuh cinta melalui deretan kata-kata yang dituliskan. Tanpa mengenal siapa yang menulis, seperti apa wajahnya, seperti apa perilakunya, tak tahu warna suaranya, dan apakah dia sudah menikah atau belum. Inilah yang terjadi pada Joe Fox dan Kathleen Kelly pada masa awal berkembangnya internet.

Bertahun-tahun setelah film You’ve Got Mail hadir, ada sekian banyak pasangan yang akhirnya menikah karena bertemu di dunia maya. Saat ini, surat elektronik bukan lagi satu-satunya media komunikasi di internet. Kita mengenal Facebook, Twitter, Blog dan berbagai sosial media lainnya yang memungkinkan kita berbagi informasi lebih tentang diri kita. Facebook bahkan seolah ingin “memindahkan” kehidupan nyata kita kedalam dunia maya.

Jika Joe Fox dan Kathleen Kelly bertemu pada jaman teknologi internet secanggih sekarang, apakah kisah mereka akan berakhir indah di Riverside Park?  Joe Fox mungkin tidak perlu meminta temannya untuk mengintip siapa yang sedang menunggunya di kafe. Kathleen mungkin akan lebih cepat menyadari siapa Joe Fox.

Apapun itu, You’ve Got Mail yang memotret fenomena interaksi manusia dimasa awal berkembangnya  teknologi internet memberitahu kita satu hal ini: sejak awal, memang niscaya cinta bersemi di dunia maya 

you've got mail (AVI) - 703MB
you've got mail (3GP) - 150MB

Nonton Streaming : you've got mail

0 komentar :

Post a comment

 
Top