Menjadi single mom sebuah kutukan? Sama sekali bukan. Justru itu semacam "kawah candradimuka" yang jika sukses dilalui oleh seorang perempuan akan menjadi kebanggaan tersendiri.

1. Bebas menentukan pilihan
Single mom tak perlu berdebat panjang dengan pasangan untuk mengambil keputusan bagi dirinya sendiri atau anaknya. Tak usah ribut apakah si anak boleh les piano atau tidak, boleh beli baju baru atau tidak, dsb. Tinggal diskusi dengan anak, habis perkara.

2. Menjadi diri sendiri
Karena kebebasan mengambil keputusan itu, maka seorang single mom lebih punya jati diri. Dia tak ada di bawah bayang-bayang suami. Dia bebas mau terima promosi jabatan atau tidak, mau ikut lomba menulis atau tidak, mau ambil beasiswa atau tidak. tak perlu banyak cingcong dengan suami yang takut gengsinya terancam. Maka single mom lebih bisa jadi dirinya sendiri.

3. Memupuk leadership
Terbiasa mengambil keputusan sendiri di rumah, membuat single mom memiliki leadership yang baik. Tidak cenderung membebek keinginan orang lain. Ini akan bagus pengaruhnya di tempat kerja.

4. Anak yang mandiri
Anak seorang single mom juga lebih bisa mandiri karena tidak harus menderita batin didikte ayah yang otoriter atau bahkan suka main kasar. Karena ditinggal ibu bekerja, anak itu dituntut lebih mandiri dibanding anak lain. Menjelang remaja dan dewasa dia sudah bisa menjadi perwakilan ibu sebagai kepala keluarga. Hebat bukan?

5. Banyak waktu luang
Karena tak ada waktu spesial yang harus diluangkan untuk suami, maka seorang single mom punya lebih banyak waktu luang untuk diri sendiri, anak, teman-teman, mengembangkan karir dan potensi diri, merawat diri, menikmati hobi, dan sebagainya. Otomatis akan lebih OK PUNYA dibanding yang bukan single mom. Hahaha!

6. Kasih sayang berlipat ganda
Ya, anak kita akan mencurahkan semua perhatian dan kasih sayangnya hanya pada kita seorang, tak ada "saingan". Dia akan super duper sayang pada ibunya yang dilihat sudah berjuang seorang diri demi dia. Luar biasa bukan?

7. Kebanggaan luar biasa
Jika anak kita sukses kelak, kita punya kebanggaan luar biasa sebab sudah melalui begitu banyak masalah pelik sebagai orang tua tunggal. Kebanggaan yang lebih dibanding orang tua "normal".

Semuanya memang tak begitu saja bisa dijalani dengan mudah. Banyak tantangan dan problem menghantui yang kadang bikin kepala mau pecah. 

0 komentar :

Post a comment

 
Top