Kondisi emosional bisa memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan. Mood yang negatif seperti kesal, marah atau sedih bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda jadi lebih mudah sakit. Sebaliknya, mood positif akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan Anda pun jadi lebih optimis menghadapi tantangan hidup ke depannya. Mulai dari sekarang, jagalah mood Anda untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Ini lima tipsnya yang dikutip dari Gal Time. 

1. Tertawa Lebih Sering
Tertawa bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membuat awet muda, membakar kalori dan tentu saja, membuat mood Anda lebih bahagia. Perbanyaklah menghabiskan waktu dengan teman-teman semasa SMU atau kuliah yang pintar berkelakar. Bisa juga mengajak keluarga atau teman menonton acara komedi slap stick klasik. Perlu diketahui, tertawa meningkatkan hormon endorphin yaitu senyawa kimia yang memicu rasa senang.

2. Latihan Fisik Secara Rutin
Olahraga, fitnes, dan latihan fisik lainnya punya banyak keuntungan bagi tubuh. Selain membuat tubuh lebih bugar, sehat dan ideal, latihan juga membuat jam tidur Anda lebih teratur sehingga mood bisa positif seharian di keesokan paginya. Olahraga dan fitnes juga membantu Anda mengurangi rasa cemas.

3. Makan Sehat
Pancake dengan lelehan butter dan sirup, es krim sundae dan kue fudge cokelat memang 'comfort food' yang sangat kita sukai. Tapi sayang, makanan tersebut tidak menyukai tubuh kita, yang artinya berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang jika terlalu sering dikonsumsi. Selain itu efek menyenangkannya sebentar, yaitu hanya saat kita memakannya. Agar hidup bahagia lebih lama, perbanyaklah makanan sehat. Hindari gula dan tepung terigu yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan membuat mood tidak stabil. Jadikan makanan tersebut sebagai pilihan rekreasional. Sayuran segar, buah dan karbohidrat kompleks lebih sehat untuk Anda.

4. Meditasi
Tenangkan pikiran dan tubuh dengan keluar sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, sibuknya pekerjaan atau masalah yang membuat Anda penat. Cobalah meditasi di tempat yang sepi dengan udara yang masih sejuk. Bisa juga dilakukan di rumah Anda sendiri. Kunci kamar, setel musik bertempo pelan, pasang lilin atau minyak aromaterapi dan jangan pikirkan apapun selain relaks. Lakukan ini sedikitnya seminggu sekali.

5. Pelihara Hewan
Hewan peliharaan bisa menjadi teman Anda untuk melepaskan stres dan meningkatkan mood. Bercanda atau lari dengan anjing, menggendong kucing atau bahkan sekadar memandangi aquarium penuh ikan berwarna-warni bisa membuat Anda lebih bahagia. Pilih hewan yang Anda suka dan jadikan mereka teman untuk curhat atau sekadar menemani saat waktu senggang di rumah.


Sumber : walipop

0 komentar :

Post a Comment

 
Top