Yahoo! Inc menyatakan akan menghapus fitur ruang obrol publik (public chat rooms) pada layanan perpesanannya yang lebih dikenal dengan Yahoo Messenger (YM).Yahoo akan menghapus fitur YM yang bernama Public Chat Rooms pada 14 Desember mendatang, kata Yahoo dalam satu pernyataan yang di-posting di blog Yahoo Messenger. (detik.net)

Sebagai seorang blogger atau bahkan sebagai pengguna internet yang cukup aktif, nge-chat dengan teman dunia maya sudah pasti menjadi kegiatan yang cukup sering di lakukan. 

Oke deh, berikut aplikasi Chat / Messenger alternatif yang bisa anda coba : 

  • Google Talk / Gtalk
Kalau yang ini adalah aplikasi chat keluaran google. Hampir sama dengan Yahoo Messenger, tapi saya pikir google talk ukurannya lebih ringan. Di perusahaan tempat saya bekerja, Gtalk menjadi aplikasi yang wajib untuk di instal sebagai sarana berkomunikasi antar pegawai di seluruh indonesia. Karena ini produk google, aplikasi ini juga cuma bisa menampung untuk akun gmail saja. Gtalk tersedia untuk Windows, linux dan Mac OSX.
  • Pidgin
Berbeda dengan YM dan Gtalk, Pidgin adalah aplikasi chat yang bisa menampung banyak akun sekaligus. seperti akun yahoo!, gmail, msn, Myspace, Skype, Facebook, IRC dan lain-lain. Saya pernah mencobanya, tapi sayangnya aplikasi ini hampir sama dengan Yahoo Messenger yang tidak bisa di jalankan dengan internet proxy. Kalau anda pengguna Modem atau wifi pastinya tidak ada masalah. Pidgin tersedia untuk Windows, Fedora, Ubuntu, CentOS dan Mac OSX.
  • Digsby
Seperti Pidgin, Digsby adalah aplikasi chat yang bisa menampung banyak akun, seperti akun yahoo!, gmail, msn, Myspace, Skype, Facebook, IRC dan lain-lain. Kelebihan Digsby dari aplikasi lain adalah Digsby memiliki banyak featur seperti email notification, social network untuk update status sekaligus. Selain itu, aplikasi ini sudah mendukung proxy. Makanya digsby menjadi pilihan saya untuk aplikasi chat. Digsby juga tersedia untuk windows, Linux dan Mac OSX.
  • Adium
Bagi anda pengguna Mac OSX, ada juga aplikasi chat yang di buat khusus Mac OSX. Namanya Adium. Secara tampilan hamir sama dengan aplikasi di atas. Namun saya belum mencoba karena saya gak punya MAC OSX soalnya. hihi.. Adium juga sudah menndukung banyak akun sekaligus seperti Yahoo!, gmail, msn, IRC, Facebook dan lain-lain.
  • Emapthy
Ini adalah aplikasi chat yang sering saya pakai kalau lagi di Ubuntu. Yeah, karena Empathy adalah aplikasi chat yang sudah menjadi bawaan di desktop ubuntu. Kalau anda pengguna linux Ubuntu, tak usah repot mengingstalnya, karena empathy langsung siap pakai. Empathy juga sudah mendukung banyak akun, seperti yahoo!, gmail, facebook dan lain-lain.

  • Skype
Software ini terkenal dengan fitur video call yang mempunyai kualitas suara maupun video yang bagus. Namun selain fitur itu, Skype juga bisa kita gunakan untuk mengobrol dengan sesama anggotanya. Sayangnya Skype kurang begitu diminati di Indonesia, sehingga apabila kita ingin mencari teman kontak dari Indonesia, agak sedikit kesulitan. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda juga harus ekstra bersabar saat men-download-nya karena ukurannya terbilang besar bila dibanding dengan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, yakni 20 MB.

  • Tango
Tak jauh beda dengan Skype, aplikasi bertajuk Tango ini juga menjadikan Video Chat sebagai layanan utamanya. Namun, aplikasi ini tercatat lebih sederhana dan lebih mudah dalam pengoperasiannya. Tak butuh waktu lama untuk dapat langsung online dan terkoneksi dengan para pengguna Tango lainnya. Yang penting, Anda sudah memiliki akun Tango.

Di versi update terbaru, Tango juga menyediakan layanan Text Messages yang lebih sederhana dan cepat. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan sinkronisasi kontak. Ketika Anda menjalankan aplikasi ini dan login menggunakan akun Tango, secara otomatis daftar kontak phonebook ponsel akan tersinkronisasi.
  • Kopete
Pada awalnya program open-source Kopete dikembangkan untuk platform KDE pada Linux, sehingga untuk OS lainnya (Windows, Apple OSX) kita harus menginsta KDE environment terlebih dahulu. Program ini dapat mengakses AIM, Bonjour, Gadu-Gadu, Google Talk, ICQ, MSN messenger, Yahoo! Messenger, dll. Berbagai plugin juga tersedia untuk meningkatkan kemampuan Kopete.

  • Camfrog
Camfrog ini program yang sejenis dengan yahoo messenger. Fungsi utama tentu saja chatting. Selain itu camfrog mendukung audio streaming (voip), dan video streaming ( webcam ).Kelebihan camfrog diantaranya untuk 1 rom (chanel) bisa menampung sampai dengan 1000 user, bandingkan dengan YM yg kalo ga salah cuman bisa nampung 50 orang.Dan yang paling penting adalah jika kita ingin melihat cam dari user lain  kita tidak perlu meminta ijin dari user tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi chat lain yang bisa kita coba. Tapi saya pikir segitu dulu ya. Banyak-banyak bisa bikin kita bingung memilihnya.

Sumber : berbagai sumber

3 komentar :

  1. Artikelnya komplit gan tentang pembahasan cara chating selain lewat yahoo mesenger,terimakasih ya,ini sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete

 
Top