Saat ini chatting menggunakan media Handphone/HP semakin marak saja, terlebih dikalangan remaja/pelajar/mahasiswa dan bahkan mungkin kalangan dewasa. Kenapa chating di HP begitu ramainya? Tak lain tak bukan adalah kepraktisannya, chating dengan HP bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan karena HP sudah dimiliki oleh hampir semua lapisan masyarakat maka semua orang bisa memanfaatkan fasilitas ini(meskipun juga tidak semua HP bisa melakukannya). Faktor kedua yang tak kalah penting adalah faktor biaya, jika dibandingkan dengan tarif SMS maka chating di HP jauh lebih murah karena tarif yang dikenakan dihitung berdasarkan kapasitas data yang diupload/download.

Saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi gratisan yang "bertebaran" di internet yang bisa kita gunakan untuk chating. Diantara aplikasi-aplikasi tersebut yang bisa digunakan dan sudah lumayan terkenal antara lain:

  • eBuddy v1.0 
Tampilan aplikasi ini sederhana namun menarik. Paduan warna latarnya atraktif, dengan ikon-ikon full warna yang tak kalah apik. eBuddy v1.0 ini bisa mengalokasikan hasil foto kamera ponsel menjadi avatar display. Gambar foto pun bisa langsung dikirimkan ke teman chat. Aplikasi ini kompatibel dengan layanan IM: MSN, Yahoo!, AIM, ICQ, Google Talk and Facebook. Platformnya java (J2ME), yang kompatibel di hampir semua ponsel berteknologi java. Termasuk pula BlackBerry.
  • Nimbuzz 
Sedikit berbeda dengan eBuddy, Nimbuzz memiliki beberapa fitur yang terbilang lebih canggih. Selain mengakomodasi pengiriman pesan teks instan, layanan ini bisa dipakai melakukan panggilan internasional sesama pengguna. Fasilitas ini optimal untuk ponsel Symbian maupun Windows Mobile. Untuk chatting, Nimbuzz menyediakan fasilitas 'Buzz' layaknya di YM messenger PC. Berkirim foto, file, voice pun bisa.Juga, dilengkapi kemampuan berbagi lokasi dengan teman chat. Nimbuzz juga menyediakan fitur phonebook untuk membackup daftar kontak.
  • YehBa 
Aplikasi chatting ini terbilang baru. Namun kemajuannya terukur pesat, dimana fasilitasnya makin lengkap. YehBa memiliki versi java (J2ME) dan symbian. Beberapa fiturnya yakni mendukung mobile blogging, antarmuka intuitif dan user friendly dan minim bandwith. Jadi tak banyak menyedot data. Untuk memulainya, set 'add IM' dengan profile yahoo, bila diinginkan memakai yahoo messenger.
  • Mxit v5.7.2 
Aplikasi ini memiliki panduan bahasa indonesia saat proses MXit berinteraksi dengan banyak flatform chatting online lain, seperti MSN Messenger, ICQ, AOL Messenger dan Jabber. Kelebihan Mxit dibanding dengan aplikasi messenger yang lain yakni lebih sedikit dalam akses transfer filenya. Alhasil biaya lebih murah.
  • shMessenger

Aplikasi chatting ini sementara masih optimal untuk mendukung layanan Yahoo!Messenger. Tentu saja selain layanan shMessenger sendiri. Terlihat dari dukungan MSN dan Google Talk yang masih bersifat beta. Di situsnya aplikasi ini terdiri dari macam-macam versi, yang cipta sesuai keypad. Ada numeric keypad, full keyboard, Sagem keypad, Motorola OS dan Windows OS. Fasilitas yang disediakan diantaranya emoticon (smiley), avatar foto untuk display dan lainnya. 

  • Mig33 v4.0 
Aplikasi chatting asal negeri Kanguru ini tercatat popular sebagai aplikasi chat mobile. Fasilitas yang disediakannya tak jauh beda dengan aplikasi messenger lain. Selain kemudahan dalam melakukan mobile chat, aplikasi mig33 bisa dipakai berbagi file foto kamera (file photo sharing) atau pun VoIP dengan teman chat. Termasuk layanan email dan telepon internet. Layanan IM yang didukungnya yaitu MSN, Yahoo!, GoogleTalk dan AIM. 
  • Slick 
Aplikasi instant messenger kreasi Lonely Cat Games ini mendukung protokol ICQ, Yahoo, AIM, MSN, GoogleTalk, Jabber. Fasilitas yang disediakan yakni teks messaging, emoticon, tanda peringatan (alert: suara, backlight, getar, pop up), grup dan bermacam lainnya. Untuk berkirim-terima file, download file (link) pun bisa. Jadi fungsinya kompleks, tak sekadar untuk ngobrol (chat) teks semata.
  • Agile Messenger
Aplikasi ini pun relatif popular.Agile messenger kompatibel untuk ponsel-ponsel Symbian Nokia, Sony Ericsson dan ponsel ber-OS Windows Mobile serta PocketPC. Untuk versi Java, agile messenger memiliki versi beta, yang bisa didownload DISINI. Asyiknya, agile messenger menyediakan fitur 'traffic counter', yang akan menginformasikan jumlah data yang terkirim/diterima.
  • EQO 
Selain menyediakan fasilitas pesan teks instan, aplikasi ini bisa dipakai untuk bertelepon murah via VoIP. Aplikasi ini mendukung IM favorit seperti MSN, AIM, Yahoo!, GoogleTalk, ICQ, Jabber, QQ.Kelebihan lain dari EQO yakni bisa dipakai untuk multiple chat. Juga, mampu memperlihatkan phonebook kontak/teman chat yang online dalam satu hamparan layar.
  • Morange V 
Aplikasi ini merupakan versi 'lanjutan' dari Morange v5.0. Tampilan antarmukanya ekstra menarik. Selain menyajikan fasilitas teks messaging, Morange V menyuguhkan pula fitur social networking, mobile photo sharing, mobile sayings, dan prakiraan cuaca (global weather). Jadi akun facebook bisa pula disinkronkan dengan Morange V.Termasuk pula fitur push email dan web surfing. 



  • Palringo

Meski tidak menyediakan web chat, Palringo menyediakan chat client untuk Windows, Apple OSX, Linux (via Wine), ponsel Windows Mobile, Apple iOS, BlackBerry, Android, Symbian, bahkan ponsel Java.
Selain dapat mengakses AIM, Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger, Facebook chat, Google Talk, Gadu-Gadu, ICQ, MobileMe/iChat, Palringo juga dilengkapi dengan fasilitas Push-to-talk, yang mirip dengan chat, namun menggunakan suara.


  • Whatsapp
Whatsapp adalah program chat khusus untuk ponsel yang mulai populer. Ia dapat berjalan pada ponsel Android, Apple iOS, BlackBerry dan Nokia Symbian dan terintegrasi ke phonebook ponsel. Namun ia memiliki chat platform sendiri dan tidak dapat mengakses account chat lainnya.


  • KakaoTalk. 

Aplikasi chat Multi Platform buatan Korea ini tampaknya bisa menjadi alternatif yang baik untuk kita bisa chat ke antar device. Aplikasinya terlihat sederhana dan mudah untuk digunakan. Seperti WhatsApp, aplikasi KakaoTalk mewajibkan kita untuk memasukkan no handphone kita namun hanya sebatas untuk tujuan klarifikasi dan pengaktifan aplikasi saja.



Nah bagaimana? sekarang pilihan di tangan kita sendiri mau coba yang mana :p. Sekian semoga bermanfaat. 

0 komentar :

Post a comment

 
Top