Membangunkan anak di pagi hari bisa jadi masalah yang harus Anda hadapi setiap hari. Bagaimana sebenarnya agar si kecil tidak susah bangun pagi?

Menurut pakar pendidikan yang juga dokter anak, Steven Dowshen, seperti dilansir KidsHealth, sebenarnya bukan hanya anak-anak saja yang sulit untuk bangun pagi. Beberapa orang dewasa pun merasakan hal serupa.

Kunci agar masalah susah bangun pagi ini tak terulang adalah dengan memastikan anak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Setidaknya anak perlu tidur sembilan jam setiap malamnya.

Untuk menjaga rutinitas tidurnya, sebagai orangtua, Anda harus melarangnya tidur terlalu lama atau bangun siang di akhir pekan. Tidur satu atau dua jam lebih lama ketimbang weekdays boleh saja, namun jangan sampai terlalu lama karena ini bisa mengacaukan rutinitas yang sebelumnya sudah dibuat.

Sedangkan menurut therapist perilaku anak James Lehman, seperti dilansir Self Help, selalu membangunkan anak di pagi hari sebenarnya justru membuat anak semakin malas bangun. "Jika dipikirkan lagi, anak akan merasa kenapa dia harus bangun sendiri padahal Anda orangtuanya mau membangunkannya. Anak akan berpikir, mereka tidak harus bangun sampai ibu mereka memberikan ancaman," tuturnya.

Megan Devine, seorang Parental Support Line Specialist menambahkan, agar anak tak susah bangun lagi, cobalah berikan mereka tanggungjawab. Sebelum melakukan itu, ajak dulu anak duduk bersama untuk membicarakan tanggungjawabnya tersebut. Biarkan anak merasakan apa yang akan terjadi jika tanggungjawab tersebut diabaikan. Mungkin akan butuh beberapa hari atau minggu sampai anak benar-benar bisa menjalankan tanggungjawabnya itu.

Jika anak masih sulit bangun pagi, bantu mereka mengatasi hal tersebut dengan membuat rencana. Minta anak membuat daftar apa saja sebenarnya yang membuat mereka susah membuka mata di pagi hari. Berikan solusi atas masalahnya tersebut seperti menaruh alarm tapi jangan di dekat tempat tidurnya agar anak jadi mau bangun dari kasur dan mematikan alarm.

Ajari juga anak untuk menyiapkan perlengkapan sekolahnya sebelum tidur, seperti buku pelajaran, tas, seragam sampai sepatu yang akan dipakainya. Dengan cara ini, anak juga tidak akan terlalu terburu-buru di pagi hari.

sumber : wolipop

0 komentar :

Post a comment

 
Top