Tentu saja Anda bertanya-tanya, mengapa para ibu bekerja yang dipenuhi dengan tugas-tugas dan pekerjaan menumpuk justru cenderung lebih sehat ketimbang para ibu rumah tangga?

Melalui sebuah wawancara dengan ratusan ibu, seperti dikutip dari Shine, para peneliti menemukan bahwa ibu-ibu yang bekerja sekurangnya 32 jam seminggu atau kurang dari itu, jauh lebih sensitif terhadap kebutuhan anak-anaknya, mereka juga tidak terlalu merasa tertekan karena memiliki 'ruang lain' untuk melampiaskan tekanan ketimbang para ibu rumah tangga.

"Kami membandingkan antara ibu yang bekerja full time, part time, dan mereka yang tidak bekerja. Dan rata-rata semua memiliki problem rumah tangga yang sama," ungkap Cheryl Buehler, seorang profesor pemimpin penelitian, dari University of North Carolina, Greensboro. "Dan dari hasil tersebut, ibu bekerja full time dan part time, tidak memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka menghadapi permasalahan." imbuhnya.

Cheryl Buehler, telah melakukan penelitian sekurang-kurangnya terhadap 1.364 ibu dengan usia anak rata-rata 1 bulan. Kemudian penelitian tersebut dilanjutkan saat anak-anak berusia 6 bulan, 15 bulan, 3 tahun, 4,5 tahun hingga kelas 5 SD. Keluarga yang diteliti adalah mereka yang berasal dari Arkansas, California, Kansas, Massachussetts, Pennsylvania, Virginia, Washington, North Carolina, dan Wisconsin. Mereka adalah keluarga yang dipilih acak dari etnis, background sosio - ekonomi yang berbeda.

Disimpulkan melalui penelitian yang dilakukan bertahun-tahun lamanya itu, bahwa ibu bekerja memiliki kehidupan yang jauh lebih baik ketimbang ibu rumah tangga. Baik secara psikologis, ekonomi dan kesehatan. Hanya tampak luar saja mereka sepertinya sangat sibuk dan dikelilingi banyak tekanan, namun tekanan tersebut tidak terlalu membebani saat ibu berada di lingkungan yang berbeda. Semisal, saat ibu punya problem dalam rumah tangga, maka sang ibu dapat lebih terhibur dan melampiaskan tekanannya pada pekerjaan, demikian pula sebaliknya.

Pun demikian, ibu bekerja paruh waktu, lebih menyumbangkan manfaat besar bagi keluarga, selain bisa membagi waktu dengan baik, ibu juga tak harus meninggalkan keluarga dalam waktu yang lama.

sumber : www.vmale.com

0 komentar :

Post a comment

 
Top